Festival Salawat Nusantara Tumbuhkan Kreatifitas

UNJUK KEBOLEHAN: Peserta Festival Salawat Nusantara tingkat kecamatan Pamulihan saat menunjukan kebolehannya di hadapan dewan juri. TOHA HAMDANI/RADAR SUMEDANG

UNJUK KEBOLEHAN: Peserta Festival Salawat Nusantara tingkat kecamatan Pamulihan saat menunjukan kebolehannya di hadapan dewan juri. TOHA HAMDANI/RADAR SUMEDANG


POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Upaya mengangungkan dan memuji Nabi Muhammad SAW, Festival Salawat Nusantara tingkat Kecamatan Pamulihan tahun 2018 digelar, Minggu (8/4/18) lalu di halaman Mesjid Besar Pamulihan. Festival Salawat tersebut diikuti sebanyak 20 grup/peserta perwakilan dari tiap desa se-Kecematan Pamulihan.

Ketua pelaksana, Ramli Masdari mengatakan, selain memuji Nabi Muhammad SAW, festival digelar sekaligus mengedepankan ajaran Islam yang damai dan menumbuhkan cinta terhadap Rasulullah SAW.

“Alhamdulillah, berbagai macam ragam kreasi seni islami berhasil ditampilkan digelar dan mendapat respon yang baik dari peserta bahkan masyarakat,” ujarnya kepada Radar Sumedang.

Ramli menambahkan, banyak permintaan dari masyarakat untuk menggelar kegiatan serupa secara berkesinambungan. Agar, kreativitas masyarakat dalam mengembangkan seni islami tetap terjaga.

“Masukan yang diterima panitia, sebaiknya dilaksanakan tiap tahun karena disinyalir dapat menumbuhkan kreatifitas masyarakat,” ujarnya. Ia menyebutkan, banyak kendala yang dihadapi dalam menggelar kegiatan tersebut di antaranya penentuan jenis salawat yang disatukan dalam lomba/festival (qosidah, marawis, terbangan dan hadroh red).

“Seharusnya jenis yang dilombakan satu jenis group salawat mis terbangan saja atau hadroh saja,” ucapnya.

Ia pun berharap melalu kegiatan tersebut, dapat menebar kembali nilai-nilai islam yang damai, juga sebagai upaya merawat tradisi dan kearifan lokal juga sebagai upaya mengangkat kekayaan Islam Nusantara.

Adapun pemenang dalam Festival tersebut, kata ia, juara pertama group Al-Ihsan Desa Sukawangi, juara kedua group Riyadlul Muttaqien Desa Haurngombong, dan juara ketiga group Al-Hidayah 1 Desa Ciptasari.

“Pemenang juara pertama berhak mewakili Kecamatan Pamulihan dalam festival Sholawat Nusantara tingkt Kabupaten Sumedang 2018,” ucapnya.

(RBD/tha/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds