Sumedang Launching Kabupaten Layak Anak

Ilustrasi Kota Layak Anak .

Ilustrasi Kota Layak Anak .

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Kabupaten Sumedang melakukan Launching sebagai Kabupaten Layak Anak. Meski kegiatan sudah diawali sejak tahun 2006, namun launching baru dilakukan Selasa (13/2/18) di Gedung Negara.

Kegiatan secara resmi dibuka Kadis Pendidikan H. Sonson Nurikhsan mewakili bupati, dan dihadiri Plt. Kadinsos PPPA, Retno Ernawati. Hadir pula dalam peresmian itu Ali Bin Zed dari UNESCO Indonesia.

Ketua Pantia Yuyun Bachtiam mengatakan, launching dilaksanakan untuk memotivasi dan memberikan spirit terwujudnya Sumedang menjadi kabupaten yang layak anak, dengan sistem berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah.

Disamping itu juga untuk membentuk masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan, dalam kebijakan program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak ditengah maraknya permasalahan kekerasan terhadap anak.

“Dalam kurun waktu tahun 2016-2017 jumlah kasus kekerasan terhadap anak mencapai 143 yang terlaporkan. Sementara yang tidak terlaporkan mungkin jumlahnya lebih tinggi,” ujar Yuyun.

Ia menyebutkan, maraknya kasus LGBT yang terjadi, juga mendorong langkah- langkah percepatan Sumedang untuk menjadi Kabupaten Layak Anak. Plt Kadisos PPPA Retno mengatakan, kebijakan pembentukan Kabupaten Layak Anak bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan perlindungan terhadap anak.

“Indikator kabupaten layak anak yaitu adanya forum anak sebagai pemenuhan hak partisipasi anak. Kebutuhan akan hak pendidikan diimplementasikan dalam bentuk sekolah ramah anak, dimana sekokah menjadi rumah kedua bagi anak, sehingga harus nyaman, aman serta terseduanya sarana dan prasarana yang ramah anak,” ucapnya.

(RBD/gun/pojokjabar)

loading...

Feeds

Formasi

Pengurus Formasi Resmi Dikukuhkan

PENGURUS Forum Media Industri Bekasi (Formasi) resmi dikukuhkan di Hotel PrimeBiz, Cikarang Selatan, Selasa (13/11/2018). Pengukuhan itu dihadiri praktisi Human …