Kejar Target, Petani Kabupaten Subang Medapat Alat Tanam

Bupati subang berikan bantuan alat tanam kepada petani. Ist

Bupati subang berikan bantuan alat tanam kepada petani. Ist

Cari Aman

POJOKJABAR.com, SUBANG – Dinas Pertanian Kabupaten Subang menyerahkan bantuan alat bantu tanam dan panen serta desinfektan dalam rangka Gerakan Tanam Padi dan Rapat Teknis Pertanian yang dilaksanakan di Desa Jatireja Kecamatan Compreng, Rabu (13/12/17).

Penyerahan bantuan tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Subang, Imas Aryumningsih yang disertai perwakilan Dirjen Tanaman Pangan, Kementrian Pertanian, Ir. Muhammad Nur, Kepala Dinas Pertanian Jaja Rohada Maja, Camat Compreng Deni Setiawan, para kelompok tani, penyuluh pertanian dan masyarakat setempat.

Kadis Pertanian, Jaja Rohada Maja, mengatakan bahwa program ini merupakan program pemerintah pusat khusus Pajale (Padi, Jagung, Kedele) untuk musim tanam bulan Oktober hingga Maret.

“Target yang harus dicapai untuk Subang sendiri seluas 9.300 hektar atau 107 %, tapi alhamdulillah realisasi tanaman sudah mencapai 2.969 hektar, dan maret pasti tercapai,” kata Jaja.

“Bantuan ini bersumber dari APBD Kabupaten Subang, berupa bibit karet untuk petani karet wilayah Kalijati, mesin pompa dan perkakas lainnya
untuk penunjang petani sebanyak 10 jenis alat pertanian untuk 3 kelompok tani, bibit manggis, bibit nanas, bibit mangga, jamur merang dan obat hama padi,” tambah Jaja.

Dalam sambutannya,Bupati Imas mengatakan agar pada musim tanam saat ini petani harus benar-benar pintar mengatur segalanya saat mengurus pertanian karena banyak sekali perubahan musim saat masa tanam kali ini.

“Kita harus pinter-pintar menanggulanginya dari mulai perubahan jumlah air, unsur tanah, hama yang silih berganti, dan penunjang lainnya,” katanya.

(RBD/anr/pojokjabar)


loading...

Feeds

LGBT

Cianjur Perlu Perda LGBT

Mazolat berharap, pekerjaan rumah yang tak mudah ini membutuhkan kerjasama dari masyarakat dan pemkab Cianjur.