Longsor, Jalur Penghubung Sumedang-Subang-Indramayu Putus, Akibatnya Harus Memutar Puluhan Kilo

JALAN PUTUS: Ruas jalan penghubung Surian-Subang dan Indramayu putus, tepatnya di Blok Haurpapak Surian karena mengalami longsor, Kamis (23/11/17). Agun Gunawan/Radar Sumedang

JALAN PUTUS: Ruas jalan penghubung Surian-Subang dan Indramayu putus, tepatnya di Blok Haurpapak Surian karena mengalami longsor, Kamis (23/11/17). Agun Gunawan/Radar Sumedang


POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Jalan kabupaten di Dusun Haurpapak Desa Surian Kecamatan Surian mengalami longsor. Akibatnya akses jalan Sumedang-Subang-Indramayu terputus karena kendaraan baik motor maupun mobil tak bisa melintas.

Jalan terputus sepanjang 20 meter terbawa longsor bukit sedalam sekitar 50 meter. Kapolsek Surian, Idpa Darjo menuturkan, longsor diketahui terjadi pada Kamis (23/11/17) pagi. Longsor diperkirakan terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi.

“Sebetulnya jam 06.00 masih bisa dilewati motor, tapi ternyata longsornya semakin besar dan jalan putus total. Longsor ini diperkirakan karena tanahnya yang labil, sebelah kiri dan kanannya bukit, ditambah hujan yang turun terus beberapa hari ini,” kata kapolsek di lokasi. Untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan, pihaknya memasang gari polisi di sekitar jalan longsor.

Kemudian pihak Polsek Surian juga bersiaga di lokasi longsor. “Sementara untuk roda dua bisa lewat jalan setapak lewat kebun di pinggir jalan, kita buka jalan darurat sementara. Tapi kalau hujan lagi diprediksi sama sekali tak bisa melintas,” katanya lagi.

Selain jalan, longsor juga mengancam aliran listrik warga setempat. Sebab dua tiang listrik di lokasi terancam terbawa longsor. Kapolsek menyebutkan, jalan tersebut merupakan akses vital warga, penghubung antara Desa Surian dengan Pamekarsari. Jika jalan terputus warga 5 desa yakni Pamekarsari, Suryamukri, Wanasari, Wanajaya dan Ranggajaya yang akan menuju Puskesma atau Polsek, harus memutar puluhan kilo meter melewati Buahdua.

“Kami sudah komunikasi ke PLN maupun kecamatan, namun sampai sekarang belum ada yang meninjau. Sebetulnya ada jalan alternatif, tapi kondi s inya belum memungkinkan dilewati, masih tanah dan turunannya juga curam,” ujarnya.

Warga berharap pemerintah segera memperhatikan kondisi tersebut. Sebab jalan tersebut merupakan akses penting. “Ya bingung juga kalau jalannya putus harus muter jauh ke Buahdua. Ini juga mau pulangke (Kecamatan) Cisarua. Mudah-mudahan cepat ada perhatian dari pemerintah,” kata tenaga Puskesmas Surian, Selfi.

(RBD/gun/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds