Sambut Hari Sumpah Pemuda, Karang Taruna Jatiroke Sumedang Gelar Parade Band

FOTO BERSAMA: Jajaran panitia Parade Band yang merupakan anggota Kartar Jatiroke berpoto bersama dengan Muspika
Jatinangor, Ketua Forum Kartar Jatinangor dan masyarakat sebelum kegiatatan dimulai.

FOTO BERSAMA: Jajaran panitia Parade Band yang merupakan anggota Kartar Jatiroke berpoto bersama dengan Muspika Jatinangor, Ketua Forum Kartar Jatinangor dan masyarakat sebelum kegiatatan dimulai.


POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) yang ke-89, Karang Taruna Desa Jatiroke Kecamatan Jatinangor menggelar Parade Band ‘Jatrock Victorius’ bertempat di GOR Desa Jatiroke, Minggu (29/10/2017).

Kegiatan dengan mengambil tema ‘Bernada Bersama, Berkarya Bersama, Berdansa Bersama, Kudu Akur Urang Teh Dulu’ diikuti sebanyak 15 grup band yang berada di setiap RW wilayah Jatiroke.

Ketua Karang Taruna Desa Jatiroke, Uden Supriatna mengatakan, momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda harus dimaknai sebagai upaya meningkatkan kretivitas pemuda terutama di Desa Jatiroke.

“Kita sengaja menggelar acara yang melibatkan seluruh masyarakat Desa Jatiroke ini, menandakan bahwa Kartar Jatiroke masih eksis sampai sekarang,” ujarnya kepada Radar Sumedang.

Tidak hanya menggelar Parade Band, kata ia, pihaknya juga menggelar acara bakti sosial (Baksos), kegaiatan pengajian di tiap RW, dan pantas seni lainnya.

“Kebetulan sekertaris anggota Kartar Jatiroke menderita penyakit Ginjal dan sudah lama. Sehingga dimomen Sumpah Pemuda ini kami mencoba mangumpulkan Dana untuk menambah biaya pengobatannya,” ujarnya.

Meski tidak terlalu banyak, kata ia, Namun dana yang terkumpul setidaknya bisa meringankan beban keluarga.

“Tadi pas acara berlangsung, panitia langsung meminta sumbangsihnya kepada para penonton dan tamu undangan, Alhamdulillah setelah terkumpul hasilnya langsung diserahkan kepada keluarga,” ucapnya. Sementara, Kepala Desa Jatiroke Cuna mengapresiasi kegiatan tersebut, dengan harapan mampu mempererat tali silaturahmi antar pemuda se-Desa Jatiroke.

“Ya kami Apresiasi kegiatan ini, yang dipandang sangat luar biasa, dan saya sampaikan bahwa kemandirian Kartar Jatiroke patut diancungi jempol. Mengingat kagiatan ini tidak dibiayai oleh Desa baik dari DD maupaun ADD,” ujarnya kepada Radar Sumedang.

Cuna menambahkan, tahun sekarang, peringatan Sumpah Pemuda bisa kembali digelar dengan cukup meriah. Pasalnya pada tahun-tahun sebelumnya selalu digelar dengan biasabiasa.

“Banyak sponsor yang menyuport parade Band ini, menandakan bahwa Kartar Jatiroke selama ini mampu bersinergi dan membangun kemitraan dengan yang lain,” ucapnya.

Pemdes sendiri, kata cuna, sering menggelar sosialisai pembinaan kepada Kartar yang dibiayai melalui bantuan pemerintah.

Bahkan, hasil dari pembinaan tersebut sudah mampu dituangkan dengan kegiatan momentum Hari Sumpah Pemuda ini.

“Makna sumpah pemuda harus bisa dirasakan semuanya sebagian upaya menanamkan nilai bertanah air, menjaga berbudi luhur, menjaga hal-hal yang dapat merusak perkemabangan generasi muda,” katanya.

Kedepan, kata ia, pihaknya berharap para pemuda kedepan agar lebih kreatif lagi. Sehingga Pemdes menjadi termotivasi untuk terus meningkatkan SDM Karang Taruna Jatiroke melalui pelatihan.

“Apabila mereka kreatif dan aktif dalam berbagai pembangunan Desa tentu saja akan berdampak kepada kemajuan Desa,” ucapnya.

Kagiatan Parade Band tersebut dihadiri Muspika Kecamatan Jatinangor, Forum Karang Taruna Jatinangor serta tokoh masyarakat Desa Jatiroke.

(tha)

Loading...

loading...

Feeds