Karang Taruna Dusun Maruyung Sumedang Tampilkan Pentas Seni Budaya Sunda

Sejumlah tamu undangan saat disambut
upacara adat Sunda

Sejumlah tamu undangan saat disambut upacara adat Sunda


POJOKJABAR.com , SUMEDANG – Karang Taruna “Baraya 67” Dusun Maruyung Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari menutup acara kegiatan memperingati Hari Kemerdekaan ke- 72 Republik Indonesia dengan menggelar Seni Budaya Sunda.

Ketua Kartar Baraya 67, Kurniawan mengatakan, mengaku bangga karena telah berhasil menggelar berbagai kegiatan HUT RI ke 72 yang dirasanya berjalan baik dari mulai persiapan sampai acara puncak.

“Kami selaku pemuda pemudi penerus bangsa merasa senang karena berhasil mengelar acara resepsi HUT RI ke 72 yang di isi dengan kesenian khususnya budaya sunda,” ujarnya kepada Radar Sumedang.

Kurniawan menambahkan, pihaknya sengaja menggelar pertunjukan kesenian Sunda, selain upaya melestarikan seni budaya juga mengenalkan kepada generasi penerus.

“Acara dimulai dari pagi hingga sore, selain mengadakan upacara adat juga menampilkan kreasi dari anakanak mulai dari tari jaipong, rampak sekar ibu-ibu, dan kesenian reak,” ujarnya.

Ia pun berharap, melalui pertunjukan kesenian Sunda, mudah-mudahan para seniman seniwati khususnya kesenian sunda di Dusun Maruyung bisa lebih maju dan berkembang.

“Ini bentuk keprihatinan kami, jangan sampai kesenian sunda kalah dengan budaya luar,” katanya.

Sementara Kades Kutamandiri Caca Suryana melalui Sekertaris Desa Hendri mengapresiasi keterlibatan para pemuda yang telah berhasil menyukseskan kegiatan Agustusan di Dusun Maruyung ini.

“Saya merasa bangga kepada pemuda-pemudi karang taruna yang menyelenggarakan acara seperti ini mudahmudahan bisa terus berkarya dan berkreasi dan teyap solid antara satu sama lain biar terus berkesinambungan,” katanya.

(tha)

Loading...

loading...

Feeds