80 % Pengaduan Warga Jawa Barat Soal Kades dan Kepsek

Puluhan Kades ikuti Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP)  2017, Rabu (10/5),  di ruang Bupati II Subang.

Puluhan Kades ikuti Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2017, Rabu (10/5), di ruang Bupati II Subang.


POJOKJABAR.com, SUBANG –  Jabatan kepala desa dan kepala sekolah paling sering diadukan masyarakat. Hal itu dinyatakan oleh Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Dinas Komunikasi dan Informasi  Jawa Barat, Dedi Dharmawan.

Menurutnya, ada lebih dari 80 % pengaduan masyarakat yang diterima Komisi Informasi yang tertuju kepada dua jabatan tersebut. Artinya, kata Dedi, perlu ada kemampuan dari kepala desa untuk menjawab setiap pengaduan tersebut secara baik dan proporsional.

“Di sinilah peran Pejabat Pelayan Informasi Daerah (PPID) di setiap desa untuk mengoptimalkan perannya, karena sejauh ini di tingkat desa tidak ada dukungan informasi,tidak ada kewenangan,  kurangnya koordinasi, dan lainnya,” jelasnya dalam Sosialisasi UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP)  2017 yang diikuti sedikitnya 50 Kepala Desa Se-Kabupaten Subang.Rabu (10/5/2017)

Berkaitan dengan pemberian informasi, menurut Dedi, Kades berhak menolak, jika memang dianggap sebagai wilayah pribadi dan rahasia negara.

“Kades pun berhak menolak jika memang bersifat pribadi dan rahasia,  seperti di antaranya nomor handphone pribadi dan riwayat penyakit. Kita berharap melalui KIP inilah semua regulasi mengenai penyampaian informasi diatur,” tandasnya.

Acara yang dilaksanakan di ruang Bupati II itu dihadiri oleh Asda III Kabupaten Subang Sumarna,  yang mewakili Bupati Subang H Imas Aryumningsih,  Kabid Komunikasi dan Informatika Dinas Kominfo Provinsi Jawa Barat Dedi Dharmawan yang turut menjadi narasumber pada kesempatan itu.Hadir juga dua narasumber dari wartawan senior media yang bertugas di wilayah Subang.

“Sosialisasi KIP ini merupakan tahap kedua yang diselenggarakan oleh Pemkab Subang. Setiap tahap dari 254 Desa se-Kabupaten Subang sudah 100 Kades,  dari tahap pertama 50 Kades dan tahap kedua 50 Kades,“ kata Kabag Humas Agustias Amin.

Minat yang ditunjukkan kades mengikuti acara itu patut diapresiasi. Dalam kegiatan itu para kades  antusias dan penuh semangat dalam menerima ilmu tentang transparansi informasi dan UU No 14 tahun 2008 tersebut.

(anr)

 

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds