Anggaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang Paling Tinggi

Foto Ilustrasi

Foto Ilustrasi

POJOKJABAR.com, SUBANG – Anggaran Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Dikbud) nyaris tembus di angka Rp1 triliun. Dengan anggaran sebesar itu, menempatkan Dinas Dikbud menjadi OPD dengan anggaran tertinggi.

Nilai tersebut diketahui saat penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan penandatanganan perjanjian kinerja di halaman Pemkab Subang. Dalam pembacaan penyerahan lembar DPA, disebutkan bahwa DPA Dinas Dikbud Subang sebesar Rp 956 miliar.

Dari DPA sebebsar itu, untuk belanja tidak langsung diantaranya untuk gaji pegawai sebesar Rp 843 miliar, sementara untuk belanja langsung sebesar Rp113 miliar.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Subang, Imas Aryumningsih mengakui jika anggaran tersebut sangat tinggi. Namun, ia berharap Dinas tersebut dalam penggunaan annggarannya bisa tepat sasaran.

“Tingkatkan profesionalisme, amanah dalam bekerja,” ujar Imas.

Terpisah, Kepala Dinas Dikbud Suwarna Murdias mengatakan, annggaran sebesar Rp 950 miliar itu mayoritas digunakan untuk belanja tidak langsung, seperti gaji pegawai, dan opersional kantor.

“Sementara untuk belanja langsung sekitar Rp133 miliar, diantaranya untuk pemelihraan dan perehaban sekolah,” kata Suwarna.

Ke depan, Suwarna menegaskan, pihaknya akan turun langsung ke lapangan untuk memantau dan mendapatkan informasi terkait kerusakaan sekolah.

“Setiap tahun hampir seperti ini terus, kita ingin tahu penyebabnya apa,” jelasnya.

Selain Dinas Dikbud, pemberian DPA itu diberikan kepada seluruh OPP dan 30 Camat. Di luar Dinas yang membawahi lembaga pendidikan itu, OPD dengan DPA di atas Rp100 juta adalah Dinnas Pekerjan Umum sebesar Rp375.747.582.390.60, Dinas Kesehatan sebesar Rp265.241.788.58 dan BRSUD Ciereng sebesar Rp160.594.081.600.00. (anr)

loading...

Feeds