Kepala Diskoperindag Sumedang Ingatkan “Si Melon” Hanya untuk Keluarga Miskin

Bupati Sumedang Eka Setiawan ikut melakukan penukaran gas 3 Kg dengan bright gas 5,5 Kg yang pada tahap pertama dicanangkan untuk para PNS.( Foto : AGUN GUNAWAN/RADAR SUMEDANG )

Bupati Sumedang Eka Setiawan ikut melakukan penukaran gas 3 Kg dengan bright gas 5,5 Kg yang pada tahap pertama dicanangkan untuk para PNS.( Foto : AGUN GUNAWAN/RADAR SUMEDANG )

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Sekitar 200 buah tabung ukuran 3 Kg berhasil ditukarkan dengan tabung gas jenis bright gas berukuran 5,5 Kg. Puluhan PNS menukarkannya di Kantor Pemkab Sumedang, Senin (6/2).

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Dicky Rubiana mengatakan penukaran gas ini sebagai upaya pemerintah untuk mengembalikan regulasi distribusi tabung gas 3 Kg. Tabung gas berwarna hijau ini hanya diperuntukkan untuk keluarga miskin (Gakin) saja.

Namun kini banyak keluarga menengah dan kaya bahkan kalangan industri besar menggunakan gas bersubsidi ini.

“Penggunaan gas 3 Kg banyak digunakan oleh yang bukan peruntukkannya. Kami ingin mengembalikan fungsi peruntukkannya sehingga kami mencoba memfasilitasi penukaran gas 3 Kg dengan bright gas yang juga sama-sama dikeluarkan Pertamina,” kata Dicky.

Sejak diluncurkan Oktober 2015 lalu, bright gas ditawarkan sebagai pilihan bagi konsumen yang selama ini menggunakan gas ukuran 12 Kg.

Pilihan ini juga ditujukan bagi konsumen pengguna gas 3 Kg yang berada di kalangan keluarga mampu yang sudah menyalahi aturan penggunaan gas bersubsidi. Namun karena pengawasan penggunaan gas bersubsidi ini lemah, maka pemerintah menawarkan bright gas dengan kemasan yang unik, ceria dan praktis agar disukai konsumen.

Bright gas 5,5kg bisa ditukar dengan tabung elpiji 3 Kg. Syaratnya, dua tabung 3 Kg dan uang tunai Rp 104.000 dapat satu tabung Bright Gas 5.5 Kg dan isi. Sedangkan satu tabung 3 Kg dan uang tunai Rp 213.000 dapat satu tabung Bright Gas 5,5 Kg dan isi. Tabung-tabung ini dapat ditukarkan ke agen Bright Gas.

loading...

Feeds