Disdukcasip Kabupaten Sumedang Sasar Empat Kategori Penduduk

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) akan menyasar penduduk dalam empat kategori. Pembagian ini dilakukan dalam proses pemutakhiran data penduduk yang akan dilakukan Disdukcasip pertengahan bulan nanti.

“Dalam upaya mendapatkan data yang akurat tentang jumlah penduduk, Disdukcasip Kabupaten Sumedang akan melakukan kegiatan pemutakhiran data jumlah penduduk dengan cara membaginya dulu ke dalam empat kategori,” kata Kabid Informasi Kependudukan Disducasip A Beni Triyadie, Kamis (2/2/2017).

Pembagian kategori ini untuk memudahkan langkah selanjutnya. Empat kategori tersebut adalah penduduk yang sudah tercatat dalam data base, penduduk yang lahir dan tinggal di Sumedang tetapi tak mempunyai NIK, penduduk Sumedang lama di Sumedang tapi belum tercatat dan penduduk eks genangan Jatigede.

“Jika dibagi seperti itu maka akan memudahkan pendataannya dan selanjutnya kita tahu harus berbuat apa, misalnya menyosialisasikan kepemilikan identitas kependudukan bagi penduduk yang belum tercatat,” kata Beny.

Pelaksanaan pemutakhiran data ini pihaknya akan melibatkan tenaga pendata dimana setiap desa terdiri atas 5 orang. Pendata juga akan ditambah 5 orang dari kantor kecamatannya.

Para tenaga pendata ini akan diberikan dulu pelatihan sebelum terjun melakukan tugas pendataan di setiap desa, sehingga data yang didapat benar benar akurat. Pendataan berlangsung selama 1,5 bulan mulai 15 Maret 2017 hingga 30 April 2017, sementara pelatihan petugas dilaksanakan bergiliran setiap kecamatan mulai 13 Februari hingga 13 Maret 2017. Sebelum melaksanakan kegiatan, akan dilaksanakan sosialisasi kepada kepala desa, camat dan kepala SKPD.

Hasil pendataan akan menjadi data base terbaru Disdukcasip untuk berbagai kepentingan termasuk nantinya digunakan sebagai bahan DPS (Daftar Pemilih Sementara). (suc)

loading...

Feeds

Sayana Apartment

Pembangunan Sayana Apartments Dimulai

DAMAI Putra Group (DPG) dan Nishitetsu Group bekerjasama dalam proyek Sayana Apartments. Hal ini disampaikan oleh Managing Director DPG, Widiastuti …