Wihh… Biaya Pilkada Kabupaten Sumedang Membengkak Hingga 3 Kali Lipat

Ilustrasi Anggaran Pilkada

Ilustrasi Anggaran Pilkada

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Biaya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada ) Kabupaten Sumedang yang akan digelar tahun 2018 naik tiga kali lipat. Tahun 2013 lalu, pilkada digelar dengan biaya Rp 14.072.711.298. Tahun 2018 nanti, pilkada membutuhkan biaya sebanyak Rp 46.319.- 295.289. Kampanye calon yang kini ditanggung KPU menjadi salah satu penyebab membesarnya dana pilkada tersebut.

Ketua KPU Sumedang Asep Kurnia mengatakan dana pilkada ini memang naik tiga kali lipat. Salah satu penyebabnya adalah ditanggungnya kegiatan kampanye calon. Hal lainnya karena meningkatnya standar honorarium para penyelenggara pilkada yaitu Penyelenggara Pemilu Kecamatan dan Desa dan penyelengggara lainnya.

“Biaya ini sudah berubah lima tahun lalu sehingga ada kenaikan standar honora rium. Selain itu sekarang kampanye harus dilakukan penyelenggara bukan oleh calon sehingag biaya pilkada menjadi besar,” kata Asep, Senin (30/1/2017).

Meski demikian, biaya pilkada ini telah dihitung secara tepat sesuai perencanaan dan kebutuhan yang berdasarkan aturan. Jika dilihat dengan detail, biaya pilkada bisa disebutkan sangat efisien karena dilaksanakan serentak bersamaan dengan 16 kabupaten/kota.

loading...

Feeds