Spesialis Maling Ternak di Sumedang Berhasil Diringkus

Kasat Reskrim Polres Sumedang AKP Budi Nuryanto saat memberikan keterangan pers penangkapan komplotan pencuri hewan ternak,.

Kasat Reskrim Polres Sumedang AKP Budi Nuryanto saat memberikan keterangan pers penangkapan komplotan pencuri hewan ternak,.

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Satreskrim Polres Sumedang berhasil mengamankan 3 orang pelaku pencurian spesialis hewan ternak. Ketiganya berinisial O, Y dan A. Para tersangka diamankan setelah melakukan aksinya mencuri dua ekor domba di wilayah Kampung Nyalindung Kecamatan Sukasari.

Kapolres Sumedang AKBP Agus Iman Rifai melalui Kasat Reskrim Polres Sumedang AKP Budi Nuryanto mengatakan, modus operandi pelaku melakukan aksinya yakni dengan membawa hasil curiannya menngunakan karung.

“Ketiga pelaku berbagi tugas, ada yang mengambil, ada yang mengawasi dan yang bersiap membawa hasil curian menggunakan motor,” katanya.

Ia menambahkan, dari pengakuan para tersangka, mereka sudah melakukan aksinya sebanyak tiga kali. Yakni di wilayah Jatinangor dan dua kali di wilayah Tanjungsari.

Dari penangkapan tersebut polisi mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya dua ekor sapi, uang hasil penjualan sebesar Rp 500 ribu, karung dan motor yang digunakan melakukan aksinya.

“Dombanya dimasukan ke dalam karung, untuk kemudian dibawa menggunakan motor. Dombanya dijual Rp 4 juta dua ekor,” ungkap Budi.

Atas perbuatannya itu para tersangka dijerat Pasal 363 KUH Pidana dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. Sementara itu, korban, Asep, mengaku kasusu kehilangan ternak kerap terjadi di sekitar wilayah rumahnya. Namun dia mengaku baru kali ini menjadi korban.

“Saya sendiri di kandang ada tiga ekor, tapi yang diambil dua,” ungkapnya. (gun)

loading...

Feeds