Pelaku Illegal Logging di Sumedang Diringkus, Terancam Denda 10 Milliar

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Unit Serse Polsek Darmaraja mengamankan dua orang pencuri kayu di wilayah hutan lindung Desa Ciranggem Kecamatan Jatigede. Masing-masing pelaku adalah Lili Wasnali, 44, dan Dace, 46, keduanya warga Panyiriban Desa Mekarasih Kecamatan Jatigede. Mereka ditangkap karena diduga melakukan penebangan dan menjual kayu.

Sementara satu orang lainnya, yakni Agus Iwan, 25, warga Dusun Cibunut Desa Mekarasih Kecamatan Jatigede selaku penadah. Kasubag Humas Polres Sumedang AKP Dadang Rostia mengatakan, ketiganya ditangkap Sabtu (21/1) pagi di wilayah pesisir Waduk Jatigede Desa Cibungur Kecamatan Darmaraja.

“Penangkapan oleh unit Serse dipimpin langsung Kapolsek Darmaraja Kompol Amrizal M Nur. Ketiganya diamankan bersama barang bukti di Cibungur,” katanya.

Dadang menjelaskan, kronolgis penangkapan berawal dari adanya laporan dari pihak Polhutani tentang adanya penebangan pohon di wilayah hutan lindung Ciranggem.

“Awalnya dilakukan pengecekan ke lokasi Curugmas di Desa Mekarasih, ternyata benar telah ditemukan beberapa potong pohon yang sudah ditebang. Lalu dilakukan lagi pengecekan di wilayah Cibungur, dan ditemukan juga beberapa potong kayu yang disinyalir dari wilayah hutan lindung,” ungkapnya.

Polisi pun menangkap pelaku di tempat penjual dan penadah beserta barang bukti puluhan potong kayu.

Atas perbuatannya tersebut pelaku penadah dijerat pasal 480 KUH Pidana dengan ancaman 4 tahun penjara. Sementara pencuri dijerat pasal 78 ayat 6 dengan ancaman hukuman penjara selama 5 Tahun dan denda Rp 10 miliar. (gun)

loading...

Feeds