Ketua Pimpinan Cabang NU Kabupaten Sumedang Tanggapi Maraknya Isu Hoax

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Ketua PC NU Kabupaten Sumedang H Sa’dulloh mengajak umat Islam untuk selalu hati-hati dalam membagikan dan menanggapi berita.

“Kalau datang sebuah berita atau informasi, apalagi berita tersebut disampaikan oleh orang fasik, maka periksalah dengan teliti kebenaran berita tersebut. Lakukanlah konfirmasi (tabayun) untuk mengecek kebenarannya,” ajak H Sa’dulloh saat memberikan nasehat kepada para jamaah yang menghadiri lailatul ijtima yang digelar Keluarga besar Nahdlatul Ulama Kecamatan Tanjungkerta, Jumat (20/1/2017).

H Sa’dulloh mewanti-wanti di tengah maraknya media sosial, umat Islam terutama warga nahdliyin malah menjadi bagian dari penyebar berita bohong tersebut karena begitu saja membagikannya kembali kepada banyak orang.

“Jangan sampai ada berita baru yang datang kepada kita, terus tanpa konfirmasi apapun kita menyebarkannya. Kalau isi berita tersebut benar itu tidak jadi masalah, tapi kalau berita tersebut itu salah (hoax) maka akan muncul fitnah yang dilakukan secara berjamaah. Semoga warga NU khususnya di daerah Kecamatan Tanjungkerta bisa terhindar dari berita-berita fitnah,” pesannya lagi.

Acara yang digelar di Gedung Dakwah NU Kecamatan Tanjungkerta itu melibatkan pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), banom NU, dan warga nahdliyyin. Rois syuriah MWCNU Tanjungkerta Masrur Jaelani mengatakan agenda kegiatan lailatul ijtima pada malam tersebut meliputi pembacaan barjanzi, mauidoh hasanah, dan pembacaan risalah manaqib Syeikh Abdul Qodir Al-Jiilani RA.

Maidoh hasanah akan disampaikan oleh ketua PCNU Sumedang H Sa’dulloh dan pembacaan risalah manaqib dipimpin oleh ketua Majelis Nurul Burhan Asep Munawar.

Selain itu Masrur Jaelani juga mengatakan bahwa kedepannya agenda lailaitul ijtima yang bertempat di Gedung Dakwah NU Tanjungkerta akan dilaksanakan setiap jum’at kliwon.(gun)

loading...

Feeds