Tambahan Kuota Haji di Kabupaten Subang Disambut Positif

Ilustrasi Jemaah Haji

Ilustrasi Jemaah Haji

POJOKAJBAR.com, SUBANG – Kebijakan penambahan kuota jamaah haji asal Indonesia untuk tahun 2017 disambut baik Kementrian Agama (Kemenag) Subang. Pasalnya, hal itu akan berpengaruh terhadap berkurangnya jumlah waiting list jamaah asal Kabupaten Subang.

Demikian disampaikan oleh Kasi Penyelengara Haji dan Umroh Kementrian Agama (Kemenag) Subang Munawir Sulaiman.

“Kami menyambut baik kebijakan pemerintah Arab Saudi yang menambah kuota haji untuk Indonesia sebanyak 52.400 jamaah pada tahun ini,” ujarnya.

Munawir menjelaskan, kuota penambahan itu akan dibagi kepada setiap daerah dengan skala perhitungan 1 per 1.000 penduduk muslim. Meski begitu, ia mengaku belum bisa menmberi keteragan secara rinci berapa penambahan untuk Kabupaten Subang.

“Untuk penambahan kuota di Subang untuk saat ini belum ada kejelasan karena masih dalam proses pembagian jatah kuota. Jelasnya perhitungannya 1 per 1.000 dari penduduk muslim,” jelasnya.

Tahun lalu, Kabupaten Subang mendapat jatah sebanyak 962 jamaah haji yang pemberangkatannya dibagi ke dalam tiga kloter. Adapun untuk jumlah waiting list di Kabupaten Subang sebanyak 14.500 orang.

“Saya harap penambahan ini ada implikasinya terhadap berkurangnya jumlah waiting list di Kabupaten Subang,” ujarnya.

Ia melanjutkan, jamaah haji yang mendaftar tahun ini diperkirakan bisa berangkat sekitar 15 tahun ke depan.

“Tentunya dengan adanya penambahan bisa berkurang, ya kita perkirakan jadi 10 tahun,” pungkasnya. (anr)

loading...

Feeds