Mata Air Terancam : Galian C Membuat Empang Serapan Air Menjadi Dangkal

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Untuk memastikan kondisi terkini lokasi tempat galian C ataupun tempat galian pasir, ditemani salah seorang warga sekitar mencoba untuk mendekati lokasi galian C yang kemungkinan besar akan merusak mata air disekitar juga merusak lingkungan hidup.

Dari kejauhan tersdengar mesin diesel penyedot air yang digunakan penambang untuk mempermudah menggali pasir di sekitar lokasi, saat mendekati area galian tampak beberapa mobil bak jenis pickup (mobil bak kecil jenis L300) pengangkut pasir sedang menunggu giliran untuk memuat pasir‎

Dilokasi juga tampak beberapa orang sedang menggali pasir menggunakan alat manual, seperti cangkul, balincong linggis dan alat-alat lainnya. Sementara itu air yang digunakan dari mesin diesel disemprotkan ke pasair yang membeku untuk memudahkan pasir saat di gali.

Tampak tebing yang memanjang hingga puluhan meter karena terus di gali untuk diambil kekayaan alamnya berupa pasir, selain itu terlihat dengan jelas juga kecuraman dan ketinggian tebing yang diperkirakan mencapai belasan meter bahkan kemungkinan sudah mencapai puluhan meter.

Sedangkan untuk empang (kolam) tempat penampungan air yang digunakan warga sekitar untuk penyerapan air tampak terjadi pendangkalan dan pengeringan. Empang yang digunakan sebagai serapan air oleh warga sekitar kini posisinya sudah berada di atas galian pasir. Padahal sebelumnya lokasi empang tersebut sejajar dengan galian C saat belum di gali.

“Padahal galian pasir ini belum setahun beroperasi, tapi kondisinya sudah seperti ini sangat mengkhawatirkan,” ujar warga yang menemani ke tempat galian pasir berada. (Adw) ‎

loading...

Feeds