Disdikbud Usulkan Tugu Setum di Subang Diganti

Quick Count Pilpres 2019

POJOKJABAR.com, SUBANG – Dinilai kurang representatif, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Subang Didin Mahpudin berencana akan mengganti sejumlah tugu ikon Subang yang dinilai lebih memiliki nilai budaya Subang.

Salah satu ikon yang akan diusulkan untuk segera diganti adalah tugu Setum yang berada di depan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Subang. Tugu tersebut menurut informasi akan diganti dengan bejana perunggu.

“Ya kita akan mengusulkan perubahan tugu setum menjadi tugu yang lebih bernilai budaya Subang. Selain tugu setum, kita juga akan mengusulkan untuk dibangunnya ikon-ikon budaya Subang di tempat-tempat umum,” kata Didin Mahpudin, Jumat (13/1/2017)

Didin mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan inventarisasi data kebudayaan Subang yang nantinya akan dibuatkan peta budaya Subang dalam bentuk poster atau buku sehingga akan lebih mudah disosialisasikan baik kepada pelajar maupun masyarakat luas.

“Baru tugu stum yang kita usulkan untuk diubah.Selain itu aksara sunda juga akan mulai diperkenalkan kembali di setiap lingkungan,” ujarnya.

Menurutnya, untuk menyosialisasikan nilai-nilai budaya kepada masyarakat, pembuatan tugu di tempat strategis di Kota Subang menjadi sarana yang efektif.

“Namun apa jadinya bila pilihan rupa tugu dinilai kurang representatif? Tentu harus diubah dengan ikon yang tepat,” ujarnya. (anr)

loading...

Feeds