Bupati Purwakarta Minta Percetakan Blanko KTP-el Disebar per Wilayah

KTP-El (ilustrasi)./Foto: Istimewa

KTP-El (ilustrasi)./Foto: Istimewa


POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Kekosongan blanko KTP-el menjadi polemik di setiap daerah tak terkecuali Purwakarta.

Warga Purwakarta mulai memenuhi kanal-kanal keluhan yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten setempat seperti Twitter, Facebook maupun SMS Center. Terkait permasalahan ini, Bupati Purwakarta memberikan usulan agar percetakan blanko KTP-el dapat dibagi per wilayah.

“Saya sendiri tidak tahu standarisasi penyediaan blanko KTP-el. Tetapi saya mengusulkan agar percetakan blanko itu disebar di berbagai wilayah di Indonesia berdasarkan jumlah penduduk daerah setempat”, Kata Dedi hari ini Jum’at (7/10/2015) saat ditemui di Rumah Dinasnya Jl Gandanegara No 25 Purwakarta.

Menurut dia, penyebaran KTP-el akan lebih efektif dan tidak memakan waktu lama dibandingkan kebijakan sentralisasi blanko salah satu dokumen administrasi kependudukan tersebut. Terlebih dia menilai permasalahan ini sudah melahirkan dampak psikologis di tengah masyarakat

“Fokusnya harus kepada pemenuhan kebutuhan masyarakat karena hal teknis seperti ini kan bisa diatur sebenarnya. Misal penduduk Jawa Barat bisa dibagi berdasarkan jumlah Karesidenan. Tidak boleh lagi tersentral. Kalau memungkinkan dari segi undang-undang ya bisa saya kira mengadopsi pola KPU. Sekarang ada kebijakan Surat Pengganti KTP-el, sudah beberapa tahun kami berlakukan, tapi warga tidak puas dan mencaci maki. Ini problem psikologis”. Kata Dedi kembali.

Loading...

loading...

Feeds