Siltap Berbulan-bulan Tak Kunjung Cair, Perangkat Desa di Purwakarta Mulai Gaduh

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Honor aparatur desa atau yang biasa disebut Penghasilan Tetap (Siltap) diberikan setiap bulan, saat ini terasa tersendat sehingga membuat para perangkat desa mulai gaduh mempertanyakan keterlambatan pembayaran uang tersebut.

Hal ini sebagaimana disampaikan salah seorang perangkat desa yang enggan dipublikasikan namanya. Masih belum jelasnya kapan dana siltap turun membuat dirinya dan sejumlah perangkat desa lainnya bertanya-tanya tersangkut dimana dana itu.

“Pelayanan di desa saat ini kan semua maksimal tanpa ada pungutan apapun saat kita memberikan pelayanan, kami perangkat desa hanya mengandalkan dari honor itu. Tapi sudah berbulan-bulan tidak menerima honor, trus keluarga kami dirumah bagaimana nasibnya,” ujar salah seorang perangkat Desa yang mewanti-wanti agar namanya tidak di publikasikan.

Menyikapi permasalahan tersebut, ketua LSM Gerakan Moral Masayarakat Purwakarta (GMMP), Hikmat Ibnu Aril menyampaikan agar pemerintah daerah memperhatikan serius masalah dana siltap tersebut.

“Itu kan hak mereka selaku aparatur desa, saat para perangkat desa sudah melaksanakan kewajibannya maka haknya harus diberikan,” ujar Aril, saat dihubungi via seluller.

Selain itu, lanjut Aril, bila kondisinya seperti ini terus maka kemungkinan besar pelayanan kepada masyarakat bisa tertanggu.

“Jangan sampai pelayanan kepada masyarakat bisa terganggu, terlebih lagi mereka hanya mengandalkan pemasukan keluarga dari siltap,” tambah Aril.

Aril khawatir dengan belum diberikannya honor aparatur desa hingga berbulan-bulan, bisa memicu konflik personal dilingkungan keluarga aparatur desa. Bila hal itu terjadi maka bagaimana mereka akan memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat, sedangkan dirumah dipusingkan dengan urusan perut keluarga masing-masing.

“Mereka kan punya anak istri, kalau penghasilan hanya mengandalkan dari siltap bagaimana dengan anak istrinya. Yang membutuhkan biaya untuk kebutuhan sehari-hari, apalagi hingga berbulan-bulan,” tegasnya. (Adw)

Keterangan foto : Ilustrasi perangkat desa saat rapat evaluasi.

 

 

Ket

loading...

Feeds