Naik Motor ke Sekolah, Pelajar Purwakarta Disanksi Tidak Naik Kelas

ilustrasi

ilustrasi


POJOKJABAR.id, PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta kembali mengeluarkan aturan baru yang nyentrik. Aturan ini ditujukan kepada seluruh pelajar di Kabupaten Purwakarta yang akan disanksi tidak naik kelas jika kedapatan mengendarai sepeda motor berangkat ke sekolah dari rumah tanpa alasan jelas.

“Kami sudah mengeluarkan surat edaran mengenai hal tersebut,” kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, seperti dilansir Antara, Senin (1/8/2016).

Surat edaran tersebut dikeluarkan sebagai penegas mengenai kebijakan Pemkab Purwakarta yang telah melarangan anak di bawah umur mengendarai kendaraan sepeda motor.

Hal itu juga bagian dari kampanye keselamatan jalan raya. Seperti diketahui, kasus kecelakaan lalu lintas belum lama ini terjadi dan melibatkan pelajar salah satu SMKN Purwakarta bernama Fitra Gema Ramadhan, di ruas jalan Purwakarta-Bandung, Sukatani Purwakarta.

Dalam kecelakaan yang terjadi pada Jumat 29 Juli 2016 tersebut, seorang pelajar kelas 1 Sekolah Dasar (SD) bernama Vivilia Apidah tertabrak sepeda motor Yamaha R15 yang dikendarai oleh Fitra.

Ia mengatakan, dalam surat edaran yang baru hari ini dikeluarkan, anak atau pelajar yang menggunakan motor harus ditegur. Kemudian ditanya apa alasannya menggunakan motor untuk ke sekolah.

“Kalau pelajar itu menggunakan motor atas keinginan personal, sekedar gengsi, itu tidak berhak dan harus disanksi tidak naik kelas,” ujarnya.

Ia menilai, pelajar atau anak dibawah umur yang menggunakan sepeda motor itu cukup banyak dampaknya. Di antaranya percepatan mobilisasi komunikasi, memudahkan mobilisasi massa, dan lain-lain. Selain itu, tentunya akan memacetkan arus lalu lintas dan juga bisa memicu perbuatan negatif di kalangan pelajar.

Bupati juga berharap agar ada penegakkan hukum. Artinya, razia-razia kendaraan yang digelar aparat penegak hukum tidak hanya dilakukan di wilayah perkotaan, tapi juga bisa dioptimalkan di wilayah perdesaan.

(izo/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds