Gaji Telat Dibayar, Ribuan Karyawan PT.Gerin Tren di Subang Ngamuk

Pintu gerbang PT.Gerin Trend Kasomalang berhasil dijebol karyawannya saat melakukan aksi unjuk rasa, Senin (15/2/2016).

POJOKJABAR.com, SUBANG – Demo buruh PT.Gerin Tren di Kasomalang, Subang, berujung ricuh dan diwarnai aksi perusakan sejeumlah fasilitas kantor, setelah berhasil menjebol pintu gerbang pabrik,” Senin (15/2).

Para buruh terus merangsek masuk ke beberapa ruangan fasilitas kantor, dan melakukan aksi perusakan di sejumlah tempat, dan memecahkan kaca-kaca jendela di sejumlah ruangan.

Belum puas melakukan perusakan fasilitas kantor, para buruh yang sebagian besar wanita ini sempat melakukan aksi anarkis terhadap salah seorang petugas keamanan. Bahkan salah seorang petugas keamanan mengaku meNjadi korban amukan buruh.

”Kami sudah berusaha mencegah aksi perusakan tersebut, tapi tetap saja kami tidak mampu menahan mereka. Bahkan saya sendiri malah kena pukulan dari mereka,” ujar Vian salah seorang petugas keamanan.


Aksi unjuk rasa yang sebagian besar wanita ini dipicu lambannya pihak perusahaan terhadap tuntutan para karyawan, diantaranya pembayaran upah dan sejumlah tututan lainnya.

“Kami hanya menuntut hak kami, tapi yang kami dapat hanya sebatas janji-janji saja,” kata Elen kepada Radar Bandung.

Rangakaian aksi unjuk rasa karyawan PT.Gerin Tren kali dilakukan sekitar 1.200 buruh. Kericuhan antara pihak perusahaan dengan karyawan bisa direda setelah pihak kepolisian yang dibantu oleh beberapa anghota TNI .

“Alhamdulillah mereka bisa diredam. Dan hari ini juga pihak perusahaan akan mengambil jalan terbaik seuai tuntutan para karyawan,” ujar Kapolsek Jalancagak Kompol Yanto. (anr)