Hari Ini Penggenangan Waduk Jatigede

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan bersama sejumlah unsur Muspida Provinsi Jawa Barat menjelang penggenangan Waduk Jatigede.
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan  bersama sejumlah unsur Muspida Provinsi Jawa Barat menjelang penggenangan Waduk Jatigede.
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan bersama sejumlah unsur Muspida Provinsi Jawa Barat menjelang penggenangan Waduk Jatigede.

POJOKJABAR.COM, SUMEDANG– Kendati ditentang dan pembayaran ganti rugi belum selesai, penggenangan Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang, tetap akan dilaksanan hari ini, Senin (31/8/2015). Rencananya proses pengisian awal (initial impounding) Waduk Jatigede dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menggantikan Presiden RI, Joko Widodo yang tengah berada di Bali.

Pantauan POJOKJABAR.COM, seluruh undangan utama pengisian air Jatigede sudah berkumpul di ruang rapat kantor Satuan Kerja Jatigede. Tampak terlihat Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Kapolda Jabar Irjen (Pol) Moechgiyarto, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Harsono, Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi, dan lainnya. Seluruhnya masih menunggu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang saat ini sedang dalam perjalanan dari Jakarta menggunakan Tol Cipali.

Sementara Di luar gedung satkertusan petugas keamanan dan petugas terkait tampak sudah siaga mengawal pengisian waduk yang prosesnya memakan waktu 52 tahun ini. Manfaat utama waduk Jatigede bisa mengairi persawahan hingga seluas 90.000 hektare, dan memiliki sumber air baku dengan kecepatan sebesar 3,5 kubik per detik.

Air baku itu, bisa digunakan untuk kepentingan wilayah di Sumedang, Majalengka, hingga ke Cirebon.Selain itu, Waduk Jatigede juga bermanfaat sebagai sumber tenaga bagi PLTA dengan kapasitas hingga 110 megawatt (MW), untuk objek pariwisata dan pengendalian banjir sebesar 14 ribu hektar dikawasan daerah tersebut. (dea)