Akhirnya, Waduk Jatigede Digenangi

Prasasti peresmian penggenangan tahap awal Waduk Jatigede, Senin (31/8/2015)
Prasasti peresmian penggenangan tahap awal Waduk Jatigede, Senin (31/8/2015)
                              Prasasti peresmian penggenangan tahap awal Waduk Jatigede, Senin (31/8/2015)

POJOKJABAR.COM, SUMEDANG– Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono akhirnya meresmikan pengisian awal Waduk Jatigede, Desa Ciejunjing, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Senin (31//8/2015). Didampingi Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, peresmian ditandai dengan menekan tombol sirine sebagai tanda penutupan pintu pengelakan Waduk Jatigede sekitar pukul 10.30 WIB.

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan Waduk Jatigede merupakan waduk terbesar kedua di Indonesia setelah Waduk Jatiluhur ini. Diharapkan dengan adanya waduk ini akan menjadi salah percepatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Pasalnya, dengan beroperasinya waduk seluas 4983 hektar ini, akan mampu memenuhi kebutuhan beberapa sektor ekonomi.

“Dengan adanya waduk ini dapat memenuhi kebutuhan irigasi 90 ribu hektar sawah, kebutuhan air baku untuk wilayah Cirebon, Majalengka, dan Indramayu. Selain itu, dapat menghasilkan tenaga listrik 110 Megawatt dan manfaat ekonomi dan sosial lainnya,” ungkap Aher.

Disinggung terkait dampak sosial yang belum terselesaikan oleh pemerintah, Aher menegaskan, akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyelesaikannya dengan sesegera mungkin. Namun, dirinya menyakini bahwa pemerintah sudah memberikan dana penggantian dan santunan kepada orang terkena dampak (OTD) penggenangan Waduk Jatigede.


“Setahu saya pemerintah sudah menyelesaikan semua pembayaran uang kerohiman. Tapi kalo ada yang bilang belum dapet, akan kita tindak lanjuti lagi, pokoknya dalam waktu dekat semuanya akan segera selesai,” ujarnya.(glm/dea)