Pekan Depan, Waduk Jatigede Digenangi Air

Waduk Jatigede
Waduk Jatigede./Foto: Istiewa

waduk-jatigede-sumedang-750x410POJOKJABAR.id, SUMEDANG- Kendati  warga masih menolak, tapi rencana penggenangan Waduk Jatigede tetap akan dilakukan. Rencana waduk diklaim sebagai waduk terbesar terakhir di pulau Jawa, akan digenangi air pada Senin (31/87/2015) mendatang, molor satu bulan dari rencana awal yang akan digenangi 1 Agustus 2015 lalu.

Waduk ini nantinya akan menggenangi sekitar 5.000 hektar dengan volume air 980 juta meter kubik. Selain hutan, ada 19 desa yang akan digenangi air waduk. Di antaranya adalah Jemah, Sukakersa, Cipaku, dan Desa Sukamenak. Pengisian air dijadwalkan selama 291 hari dengan ketinggian sekitar 1100 meter dari pondasi hingga top elevasi.

Waduk ini sendiri, selain berfungsi sebagai sarana irigasi, juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air. Saat ini, di wilayah itu terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Parakan Kondang. Waduk Jatigede direncanakan memiliki empat manfaat yaitu irigasi 90 ribu hektare, air baku 3.500 liter untuk wilayah Cirebon dan Indramayu, PLTA 110 Megawatt dan pengendalian banjir seluas 14 ribu hektare. (glm/dea)