TPA Handapherang Terbakar, Warga Siaga

TPA kebakaran2POJOKJABAR.id, CIAMIS – Kemarau panjang membuat sejumlah tempat pembuangan akhir (TPA) sampah mudah terbakar. Kali ini, TPAS di Dusun Cikatomas Desa Handapherang Kabupaten Ciamis dilahap si jago merah, Jumat (21/8/2015) pagi. Beruntung kebakaran tersebut tidak membahayakan penduduk sekitar karena lokasi dengan pemukiman warga cukup jauh.

Meski jauh dari pemukiman warga, pihak TPA memanggil pemadam kebakaran untuk memadamkan api yang terus menjalar membakar sampah di bagian jurang pinggir Sungai Citanduy. Musim kemarau yang membuat sampah dalam kondisi kering mudah terbakar, apalagi angin kencang sehingga api lebih cepat membesar. Hinga warga pun tetap bersiaga, khawatir kebakaran bisa menjalar ke pemukiman.

Belum diketahui darimana api itu berasal, namun menurut dugaan warga sekitar api berasal dari sisa pembakaran yang dilakukan warga di pinggiran sungai hingga terbawa angin dan membakar sampah di TPA Handapherang.

“Mungkin ada yang lagi bakar sampah di bawah, karena angin cukup kencang jadi percikan api terbawa ke tumpukan sampah diatas, saya pikir tadinya hanya pembakaran biasa, tapi semakin lama malah semakin besar,” ujar Arifin (35) warga sekitar, Jumat (21/8/2015) siang.


Sementara itu, Kasubag TU Pemadam Kebakaran Kabupaten Ciamis Een Endarli saat ditemui di lokasi kebakaran menuturkan pihaknya menerjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran ditambah bantuan dari Banjar 1 Unit dan Tasikmalaya 1 Unit pemadam ditambah 1 mobil tangki air.

Pihaknya mengakui cukup kesulitan untuk memadamkan api tersebut, karena lokasinya yang cukup terjal karena beada di tebing, angin yang cukup besar serta kondisi sampah yang kering saat musim kemarau ini.

“Sudah beberapa jam, api masih belum padam, kita terus mencoba memadamkan api, mobil sudah bolak mengisi air, tapi sampai sekarang api masih ada, untuk penyebabnya belum kita ketahui,” tandasnya. (dhs/dea)