PDIP Purwakarta Kukuhkan Sayap Partai BAMUSI

Para pengurus sayap partai PDIP saat di kukuhkan
Para pengurus sayap partai PDIP saat di kukuhkan
Para pengurus sayap partai PDIP saat di kukuhkan

POJOKSATU.id, PURWAKARTA – Lewat jamaah pengajian yang digelar di sekretariat, Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kabupaten Purwakarta membentuk sayap partai Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Pimpinan Cabang Purwakarta.

“Salah satu tujuan dibentuknya sayap partai, Pimpinan Cabang Baitul Muslimin Indonesia (PC Bamusi) adalah sebagai upaya menghadirkan wajah Islam yang ramah dalam bingkai Keindonesian, begitu juga dalam konteks Purwakarta,” kata Ketua DPC PDIP Purwakarta, Acep Maman, Jumat malam (14/08/2015)

Menurutnya, Baitul Muslimin berarti rumah bagi kaum muslim. Lembaga ini dibentuk PDIP sebagai sayap partai.

“Hal ini untuk merubah pandangan yang selama ini mengangap PDIP sebagai partai nasionalis yang abangan,” tuturnya.


Dia katakan berikutnya, nama lengkap lembaga yang dideklarasikan oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri pada 2007 lalu itu adalah Baitul Muslimin Indonesia. Dipengurusan tingkat pusat, lembaga ini dipimpin Prof Hamka Haq.

“Mudah-mudahan lembaga ini bisa menjadi simbol menyatunya nasionalis relijius, khususnya di Purwakarta, untuk kemudian kedepan, tidak ada lagi dikotomi di antara keduanya, dengan demikian, kita bisa bersama-sama untuk membangun bangsa,” bebernya.

Selain itu, sayap partai Baitul Muslimin diharapkan dapat menjadi wadah penangkal radikalisme dalam agama, terutama Islam di Indonesia, paham radikalisme di lapangan bentuknya kekerasan, seraya menekankan bahwa kekerasan tidak menyelesaikan persoalan namun malah memunculkan persoalan.

“Kami ingin, khususnya di Purwakarta, kalangan beragama harus bisa saling mengenal, saling berkomunikasi, dan tercermin dalam toleransi melalui Baitul Muslimin,” cetusnya.

Menutup Acep Maman mengatakan, kini di DPC PDIP Purwakarta yang berkaitan dengan sayap partai, secara definitif sudah terbentuk tiga sayap partai.

“Kini sudah ada tiga yang sudah terbentuk secara definitif yaitu Repdem, Taruna Merah Putih  dan Banteng Muda Indonesia. Segera menyusul akan kita deklarasikan PC Bamusi di Purwakarta, dengan beberapa pengurus tokoh agama dari pesantren di Cipulus Wanayasa,” pungkasnya. ( Adw).