Direktur IDE Puji Pembangunan di Purwakarta

Gugun Gumilat (foto Medsos)
Gugun Gumilat (foto Medsos)
Gugun Gumilat (foto Medsos)

POJOKJABAR.id, PURWAKARTA – Menurut Direktur Eksekutif Institute of Democracy and Education (IDE) yang juga pernah menjadi duta pemuda IYLA Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB), Gugun Gumilar, S.Pd., MA, mengapresiasi pembangunan Kabupaten Purwakarta selama kepemimpinan Bupati Dedi Mulyadi, dari aspek sosial, ekonomi dan politik.

Menurut Pemuda 26 tahun yang berkipah di International Young Leaders Assembly (IYLA) itu mengatakan, bahwa pembangunan Purwakarta dilihat dari segi sosial mengandung gagasan “Social Sustainable Development”.

“Saya melihat bahwa pembangunan Purwakarta, dilihat dari aspek sosial jika menilik teori Brundtland yaitu pembangunan berkelanjutan yang mengedepankan aspek sosial,” kata jebolan S2 di Universitas Amerika Serikat itu kepada wartawan, Jum’at (13/08/2015).

Artinya, tambah Gugun, pembangunan di Purwakarta memenuhi prinsip pembangunan berkelanjutan yang memenuhi kebutuhan sekarang di lingkungan sosial tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan.


“Gagasan Kang Dedi dari aspek sosial bahwa pembangunan di Purwakarta sebagai sebuah gagasan, prinsip dan konsep yang bisa dirasakan dan banyak manfaat bagi kehidupan masyarakatnya. Sehingga hasil dari pembangunan tersebut seirama antara relasi aspek lingkungan dan aspek sosial,” jelas anak muda yang pekan depan berencana menemani Bupati Purwakarta ke negeri Paman Sam, pekan mendatang.

Kemudian, lanjut Gugun, pembangunan Purwakarta ditinjau dari peningkatan ekonomi, bisa dilihat dari arus pergerakan mobilitas penduduk dari desa ke kota pada gilirannya menuntut kebutuhan ruang bagi permukiman. Sehingga lingkungan perkotaan, perumahan menempati persentase penggunaan lahan terbesar dibandingkan dengan penggunaan lainnya.

“Purwakarta juga dalam tatanan kelola kota Purwakarta rapi dan tertata sehingga pembangunan ini membantu masyarakat berkegiatan ekonomi secara sehat dan berkeadilan,” imbuhnya.

Menurut Pemuda asal Desa Selaawi Kecamatan Pasawahan itu, bahwa pembangunan Purwakarta dilihat dari segi politik bisa dilihat dari kondisi politik di Purwakarta relatif stabil dan kondusif.

“Hal ini tercermin dari Leadership Kang Dedi Mulyadi dalam proses budgeting APBD Purwakarta yang dinilai sudah efektif dan responsible dengan apa yang dikeluarkan dan dikerjakan,” demikian Gugun. (Adw).