Buruh Kembali Kepung Pengadilan Negeri Purwakarta

Para buruh dari FSPMI saat menunggu sidang rekannya di Pengadilan Negeri Purwakarta
Para buruh dari FSPMI saat menunggu sidang rekannya di Pengadilan Negeri Purwakarta
Para buruh dari FSPMI saat menunggu sidang rekannya di Pengadilan Negeri Purwakarta

POJOKJABAR.id, PURWAKARTA – Hari ini para buruh yang tergabung ke dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Konsulat Cabang Purwakarta, mengempung kantor Pengadilan Negeri (PN). Kehadiaran para buruh ini untuk memberikan dukungan moral kepada rekan buruh yang menjalani sidang, yang di adukan oleh perusahaannya tempat bekerja saat kerusuhan tahun lalu.

Menurut pengurus FSPMI Purwakarta, seharusnya pihak buruhlah yang merasa di rugikan dengan adanya huru hara tersebut. Karena pihak perusahaan hanya mengalami kerugian di kisaran puluhan juta rupiah. Sementara untuk buruh mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah saat bentrok dengan pihak kepolisian.

“Nilainya bisa mencapai 200 juta lebih kerugian yang di alami para buruh, kendaraan roda dua milik buruh yang di rusak saja mencapai puluhan,” ujar Ade, kepada pojokjabar, Rabu (12/08/2015).

Padahal, lanjutnya, kasus yang terjadi tahun 2014 lalu itu seharusnya sudah clear. Tapi pihak perusahaan malah menuntut kami para buruh.


“Ada tiga orang buruh yang saat ini menjalani sidang di PN, ketiganya disidangkan dengan tuntutan berupa pengrusakan pos satpam di PT.Indofood CBP,”tambah Ade.

Ade juga menyampaikan terimakasih kepada pihak kepolisian yang telah mengawal aksi para buruh, agar tetap kondusif.

“Selama ini pihak kepolisian selalu mengawal aksi-aksi kami dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, pihak kepolisian dari polres Purwakarta mengawal ketat aksi para buruh di PN. Ratusan personil kepolisian di siagakan dengan perlengkapan anti huru hara lengkap, bahkan satu mobil water canon di siagakan di depan Pengadilan Negri.

“Kurang lebih kami menurunkan 2 Kompi anggota untuk pengamanan kali ini,” singkat Kasat Shabara, AKP. Suparlan. (Adw)