Sejumlah OPD Siapkan Hiasan Mobil untuk Karnaval Saket

Para pegawai Distanhutbun saat membuat miniatur Leuit
Para pegawai Distanhutbun saat membuat miniatur Leuit
Para pegawai Distanhutbun saat membuat miniatur Leuit

POJOKJABAR.id, PURWAKARTA – Jelang acara karnaval Sarung Iket Topeng (Saket) yang akan di selenggarakan Sabtu malam yang akan datang, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terlihat sibuk mempersiapkan berbagai hiasan untuk acara tersebut. Salah satu OPD yang tengah merias mobil untuk acara Karnaval tersebut yaitu Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan Purwakarta Jawa Barat.

Menurut pelaksana yang membuat riasan untuk mobil hias tersebut, Distanhutbun untuk acara karnaval saket akan membuat Miniatur ‘Leuit’ (Rumah Lumbung Padi).

“Kami membuat leuit untuk mobil riasnya nanti,” ujar Ir. Wawan, Kasi Pemberdayaan Distanhutbun.

Miniatur Leuit, lanjutnya, merupakan simbol dari lumbung padi yang di miliki para petani. Karena dengan adanya lumbung padi tersebut, saat musim paceklik petani tidak akan kesulitan masalah beras.


“Para petani saat musim panen menyimpan padinya di lumbung padi,” terang Ir. Wawan.

Miniatur lumbung padi yang di buatnya itu, nanti akan di isi dengan jumputan padi yang telah disiapkan olehnya.

“Selain padi nanti juga ada hasil bumi lainnya yang akan di sandingkan dengan padi berupa umbi-umbian,” tambahnya.

Selain membuat miniatur lumbung padi, Distanhutbun juga telah menyiapkan dongdang untuk meramaikan acara karnaval tersebut.

“Yang pasti kami sukacita memeriahkan hari jadi Purwakarta ini,” pungkasnya.

Kegiatan karnaval itu merupakan rangkaian acara dari festival seni budaya, dalam rangka memeriahkan hari jadi kota dan Kabupaten Purwakarta. Acara di gelar setiap Sabtu malam selama bulan Agustus, dan puncaknya nanti pada akhir bulan Agustus. (Adw)