Calon Kades Bikin Pernyataan Siap Menang Siap Kalah

Para calon kepala desa saat tengah mengikuti test di setiap kecamatan.
Para calon kepala desa saat tengah mengikuti test di setiap kecamatan.
Para calon kepala desa saat tengah mengikuti test di setiap kecamatan.

POJOKSATU.id, PURWAKARTA – Jelang pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan di lakukan secara serentak, para panitia pilkades meminimalisir sejak dini agar tidak terjadi gesekan antar pendukung. Salah satu yang disiapkan panitia yaitu membuat janji bersama para calon kepala desa, hitam di atas putih yang ditandatangani oleh para calon kepala Desa.

Isi dari poin-poin janji bersama diantaranya, calon yang kalah dalam pilkades akan tetap mendukung yang menang dalam membangun desanya.

“Bila nanti ada gesekan antar pendukung, pihak-pihak yang berkaitan harus bisa menyelesaikannya,” ujar Komar salah seorang panitia Pilkades di Desa Sukajaya Kecamatan Sukatani, kepada pojoksatu, Jum’at (07/08/2015).

Selain itu, di dalam poin terakhir juga di sebutkan bila ada permasalahan yang tidak bisa di selesaikan maka akan menyerahkan permaslahan tersebut ke proses hukum yang berlaku.


“Para calon baik yang menang dan yang kalah harus menaati surat perjanjian bersama tersebut, karena mereka menandatanganinya di atas materai,” terang Komar.

Dari informasi yang berhasil di himpun, hampir semua kecamatan yang ada di Purwakarta kecuali kecamatan Kota, sudah melakukan test terhadap para calon kepala desa. Bahkan para calon kepala desa sudah mendapatkan no urut pencalonanya di Desa masing-masing. (Adw)