Korupsi Hibah Rp2,9 Miliar, Kejari Bakal Periksa Bupati Subang

Bupati Subang Ojang Sohandi
Bupati Subang Ojang Sohandi
Bupati Subang Ojang Sohandi

POJOKSATU.id, SUBANG – Kejaksaan Negeri (Kejari) Subang dimungkinkan memeriksa Bupati Subang Ojang Sohandi. Pemeriksaan itu terkait kasus dugaan penyimpangan dana hibah Pemkab Subang senilai Rp 2,9 miliar untuk 107 kelompok usaha bersama, di bawah naungan Dinas Kelautan dan Perikanan.

Mengacu pada Permendagri NomorĀ  39 Tahun 2012 Tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 32 Tahun 2011, Tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber dari APBD, mekanisme pencairan hibah melibatkan kepala daerah.

Permendagri itu mewajibkan kepala daerah mencantumkan daftar penerima hibah dan besaran hibah yang disalurkan.

Karenanya, pengembangan kasus itu pun diakui Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Subang Anang Suhartanto.


“Mengacu pada permendagri itu ya kepala daerah (Bupati Subang) dimungkinkan diperiksa karena penyaluran dana hibah itu kan secara mekanisme melibatkan kepala daerah,” ujar Anang, Kasi Pidsus Kejari melalui ponselnya kepada wartawan, Rabu (29/4).

Hanya saja, lanjutnya, sebelum ke kepala daerah, pihaknya masih menunggu hasil penyidikkan dan penggeledahan. Yang dilakukan Kejari Subang terhadap kepada 3 instansi di Pemkab Subang.

“Sebelum sampai kesana (Kepala Daerah) kami masih terus periksa ini penyimpangannya dimana, pas pencairan ke penerima atau memang dari atasnya sudah ada penyimpangan,” pungkasnya.

(adw)