Bupati: Kalau Buruh Demo Tuntut UMK Naik, Dibaledog Ku Aing

Dedi Mulyadi
Dedi Mulyadi
Dedi Mulyadi

POJOKSATU.id, PURWAKARTA – Gaji atau penghasilan para buruh di sektor manufaktur setiap bulannya di Kabupaten Purwakarta sudah di atas angka Rp 3 juta.

Dedi Mulyadi menjelaskan, upah para karyawan atau buruh di sektor manufaktur saat pertama masuk mereka minimal sudah di angka Rp 3.2 juta/bulan. Kemudian, buruh yang sudah bekerja di atas 5 tahun atau lebih di perusahaan itu bisa mencapai di atas Rp 4 juta.

“Karena penghasilan para buruh di sektor manufaktur ini sudah gede, makanya kalau masih ada demo ingin nuntut upah naik, dibaledog ku aing (dilempar sama saya-red),” ujar Dedi, sambil tertawa di kawasan Situ Buleud Purwakarta, Selasa (28/4).

Selain di sektor manufaktur, ia juga menyampaikan hal yang sama dialami buruh yang bekerja di sektor garmen. Upah Minimum Kabupaten Purwakarta di sektor padat karya atau garmen saat ini untuk yang baru masuk kerja mencapai Rp 2,1 juta Sedangkan untuk buruh yang bekerja di atas 5 tahun mencapai Rp 2,6 juta.


“Untuk sektor garmen di Purwakarta dalam hitungan saya sudah relatif aman, UMK sekarang sudah berlaku. Terlebih lagi di sektor garmen ada lemburan, sehingga penghasilannya bisa mencapai Rp 3 juta lebih,” tambahnya.

Karenanya, di May Day, ia berharap kalangan buruh justru memperjuangkan kalangan pekerja di sektor informal.

“Itu yang lebih penting, teman-teman buruh harus perjuangkan juga sektor pekerja informal, jangan perjuangkan diri sendiri,” pungkas Dedi.

(adw)