Bupati Prioritaskan Jalan Beton

Jalan Beton
Ilustrasi

POJOKSATU.id,INDRAMAYU–Bupati Indra­ma­yu, Anna Sophanah, se­jak lima tahun lalu mem­berikan prioritas dalam pembangunan jalan khususnya jalan beton.  Hal ini sebagai ja­waban atas keluhan warga ten­tang banyaknya jalan yang rusak. Menurut Bupati, pem­kab memang tertarik untuk melakukan betonisasi jalan dengan harapan akan lebih awet.

”Program jalan beton yang dimulai tahun 2011 memang menjadi prioritas. Kami me­mi­lih jalan beton, karena menurut pihak Dinas Bina Marga akan lebih awet,” tuturnya. Bupati menjelaskan, da­ri ta­hun ke tahun pem­kab me­mang sangat memperha­tikan pem­bangunan infrastruktur jalan. Karena jalan juga me­me­gang peranan penting da­lam peningkatan indeks pemba­ngunan manusia (IPM).

De­ngan jalan yang bagus, warga akan mudah melakukan distri­busi hasil produksi. Jalan yang bagus juga membuat anak-anak sekolah dengan mudah menuju ke sekolah masing-masing. ”Jadi fungsi jalan bukan hanya menghubungkan satu daerah dengan daerah lainnya. Yang lebih penting lagi adalah bisa membuka akses ekonomi serta mengembangkan potensi lain yang ada di Indramayu. Hal ini tentu akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan,” tandas istri DR H Irianto MS Syafiuddin ini.

Kepala Dinas Bina Marga, Omarsyah menjelaskan, ja­lan merupakan sarana vital yang sangat mendukung dan ber­pengaruh terhadap sektor lain, seperti pendidikan, kese­hatan, pertanian, dan se­bagainya. Kondisi jalan yang rusak sudah tentu akan menghambat akses masyarakat, yang berarti akan menghambat pelaksanaan pembangunan.


Keluhan masyarakat terhadap kondisi jalan yang rusak terus saja mengalir. Mereka tidak begitu peduli, bahkan mungkin tidak tahu, mana itu jalan desa, jalan kabupaten, jalan provinsi, hingga jalan nasional. Mereka hanya mengeluh dengan kondisi jalan yang rusak, dan berharap pemerintah daerah segera memperbaiki.

Dikatakan, Pemerintah Ka­bupaten Indramayu di ba­wah kepemimpinan Bupati Hj Anna Sophanah sebenarnya juga tidak tinggal diam. Sejak tahun anggaran 2011 lalu pemkab telah memprioritaskan pembangunan jalan, di samping sektor pendongkrak IPM seperti pendidikan, kesehatan, dan daya beli. Bahkan Pemerintah Kabupaten Indramayu memiliki rencana untuk membangun jalan beton ratusan kilometer. (oet/yaz)