Sri Nurul Isi Jabatan Sekda

Kursi Sekda
Ilustrasi

POJOKSATU.id,CIMAHI-Setelah Bambang Arie yang pensiun, jabatan Sekretaris Daerah Kota Cimahi saat ini diisi Sri Nurul Handayani sebagai pelaksana tugas sementara (Plt). Sri yang juga Asisten Administrasi Umum Setda Kota Cimahi resmi ditunjuk pada Selasa (14/4) dan melaksanakan kewajiban sesuai tupoksinya.

Penetapan Nurul sebagai Plt. Sekda Kota Cimahi berdasarkan SK Gubernur Jabar tertanggal 14 April 2015. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cimahi Dantje Sunanda. “Kewenangan dan tanggungjawab Plt Sekda memenuhi unsur Sekda,” ujarnya, Rabu (15/4).

Maksudnya, ia jelaskan semua tupoksi jabatannya sama. Termasuk, menandatangani pencairan gaji dan tunjangan pegawai, program program, dan lainnya. “Plt. Sekda juga nantinya menggodok promosi, rotasi, dan mutasi jabatan di tubuh organisasi Pemkot Cimahi,” jelasnya.

Ia melanjutkan, jabatan Plt. Sekda hanya dibatasi tiga bulan. Jika setelah tiga bulan masih belum ada penunjukkan sekda definitif, pihaknya akan berkonsultasi dengan Gubernur Jabar untuk melakukan perpanjangan waktu atau penggantian pejabat. “Jabatan Sekda juga nanti diajukan Plt Sekda setelah melalui tahapan proses sesuai aturan,” katanya. Nantinya, pihak BKD melapor dan berkonsultasi kepada Gubernur apakah akan diperpanjang atau diganti.


Sementara itu, ditemui di tempat berbeda, Wali Kota Cimahi Atty Suharti, membenarkan informasi Plt Sekda yang sudah diisi Asisten Bidan Administrasi Umum Sri Nurul.

Ia mengatakan, penetapan Plt Sekda tersebut berdasarkan keputusan dari Gubernur Jabar. Atty melanjutkan, nantinya, sesuai aturan, jabatan sekda harus diisi lewat sistem lelang (open bidding). Setiap PNS berhak mengajukan diri, karena sifatnya terbuka.

“PNS yang mau jadi sekda silahkan mengajukan diri. Tapi pastinya harus melalui proses dan tahapan yang berlaku,” jelasnya saat ditemui di gedung DPRD Kota Cimahi Jln. Dra. Djulaeha Karmita Kota Cimahi, Rabu (15/4). (bbb/yaz)