Kasus DBD Dicuekin Dinkes

Ilustrasi DBD
DBD
DBD

POJOKSATU.id,MAJALENGKA–Saat ini warga Kelurahan Cigasong tengah didera keresahan akan ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD) di lingkungannya. Pasalnya, hingga saat ini lingkungan mereka belum juga dilakukan pengasapan (fogging) jentik nyamuk. Padahal sudah ada korban meninggal dunia diduga akibat DBD.

Seorang warga setempat, Dadan menjelaskan, DBD sudah mulai melanda lingkungannya sejak dua bulan ke belakang. Sejumlah orang tiba-tiba menderita sakit yang gejalanya mirip dengan penyakit DBD, bahkan beberapa diantaranya ada yang dinyatakan positif DBD dan dirawat di rumah sakit.

Disamping itu, ada salah satu warga yang meninggal dunia dan diduga akibat menderita DBD. “Sudah banyak yang terjangkit, ada yang dirawat di rumah sakit juga sudah jatuh korban jiwa juga,” ujarnya. Warga berharap agar lingkungannya bisa segera difogging untuk meminimalisasi penyebaran penyakit tersebut ke warga lainnya. Hal itu juga mengingat potensi hujan di lingkungannya masih tinggi, dan memungkinan timbulnya genangan air yang menjadi tempat bersarangnya nyamuk.

Agung, warga lainnya mengatakan, dalam dua bulan terakhir di lingkunganya ada beberapa orang yang jatuh sakit diduga DBD. Namun hingga saat ini pihaknya belum melihat tindakan dari pihak terkait untuk mencegah mewabahnya penyakit tersebut. “Sudah hampir dua bulan tapi belum ada tindakan. Pengennya sih cepet difogging biar nggak terus menyebar ke yang lainnya. kalau sudah difogging kan kita bisa sedikit tenang tapi tetap waspada,” tuturnya.


Ketua RT02/RW01, Suhadi menerangkan, harapan warganya untuk fogging sudah dia sampaikan kepada pihak terkait. Namun hingga saat ini, dia pun belum tahu proses kelanjutannya. Tapi yang jelas, dia juga berharap agar pihak terkait segera merespons keinginan warga untuk melakukan fogging di lingkungannya.

“Harapan kami Dinas Kesehatan segera turun melakukan respons. Jangan sampai terus ditunda-tunda, nanti keburu jatuh korban lagi. Kami sebetulnya sudah mengajukan ke kelurahan, tapi belum ada rencana kapan mau difogging,” imbuhnya. (azs/yaz)