Ini Syarat Masuk Polri

Polri
POLRI

POJOKSATU.id,CIMAHI-Polres Cimahi membuka pendaftaran penerimaan Polisi tahun 2015. Pendaftaran dibuka dari tanggal 8 April dan akan ditutup pada 25 April mendatang. Yang berhak mendaftar menjadi anggota polisi adalah seluruh WNI dengan persyaratan. Saat ini pendaftaran dibuka untuk Akpol, Brigadir, dan Tamtama. Persyaratan untuk masing-masing kategori berbeda.

Kabag SDM Polres Cimahi, Kompol Dikdik Surtiwa mengatakan, persyaratan untuk menjadi Brigadir, KTP minimal dua tahun sudah tinggal di wilayah Polda Jabar, nilai minimal 6. Tamtama tidak ada nilai khusus. “Tamtama persyaratannya asal lulus, domisilinyapun bebas. Khusus untuk Akpol hanya bisa diikuti lulusan SMA dan MA,” ujarnya.

Syarat Tinggi badan untuk Akpol, taruna minimal 165 sentimeter (cm) taruni 163 cm. Untuk Brigadir, Polwan mimimal 160 cm, dan Polki 163 cm. Sementara untuk Tamtama minimal 165 cm. “Untuk usia dibedakan, Akpol dan Brigadir batas usia maksimal 21 tahun, sementara untuk Tamtama maksimal usianya 22 tahun. Setelah penerimaan, kita akan melakukan Pasca integritas di polres,” sambungnya.

Panitia penerimaan anggota kepolisian, selain dari pihak polisi, dilibatkan juga dari pihak Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan, dan Departemen Agama. Sejak pendaftaran dibuka pada Jumat (8/4) lalu sampai Senin (13/4) kemarin, peserta yang mendaftar Akpol sampai kemarin baru 11, dengan jumlah taruna 10 orang dan taruni 1.


Peserta yang mendaftar untuk menjadi Brigadir sebanyak 172 orang, dengan Polki 125 dan Polwan 47. Tahun kemarin, animo peserta yang mendaftar ke Polres cimahi, untuk brigadir sebanyak 1.559 orang dengan rincian Polki sebanyak 973 orang dan polwan sebanyak 586 orang. “Setelah diverifikasi, sebanyak 1175, Polki 764 orang, polwan 411 orang,” ujarnya.

Untuk Akpol, animo peserta yang mendaftar sebanyak 148 orang dengan rincian, Taruna 133 orang dan Taruni 15 orang. “Setelah diverifikasi, sampai saat ini (dari tanggal 8-13 april ini) 73 orang, Taruna 67 orang dan Taruni 6 orang,” jelasnya.

Sementara berdasarkan data yang didapat dari Polres Cimahi, untuk tahun ini, Polda Jabar memberikan kesempatan untuk menjadi Calon Taruna Akpol sebanyak 300 orang, dengan rincian 250 pria dan 50 wanita. Dengan lama pendidikan selama empat tahun di Panda Polda Jabar dan Panpus di Akpol Semarang, Jawa Tengah.

Adapun untuk calon Tamtama Polri, sebanyak 2.250 orang. Lama pendidikan lima bulan di SPN, Pusdik Brimod Watukosek Jawa Timur. Terakhir, calon Brigadir Polri jumlahnya 12.750 orang dengan rincian 10.650 pria dan 2.100 wanita. Lama pendidikannya selama tujuh bulan di SPN, Sepolwan, Pusdik Gasum, dan Pusdik Bimmas.

Salah seorang pendaftar, Dion, 21 mengatakan tahun ini merupakan tahun ketiga dirinya mendaftar menjadi anggota kepolisian. “Tahun lalu gagal di tahap akademik, pas pertengahan,” ujarnya.

Alasan ia terus daftar dan mencoba menjadi anggota kepolisian, adalah mengejar cita-citanya. Disinggung mengenai peluang dia lulus, mahasiswa Universitas Swasta di Kota Bandung itu optimistis tahun ini bisa lulus seleksi. “Saya sudah nyiapin semuanya, udah mempersiapkan segala sesuatunya, mudah-mudahan tahun ini ada jalannya,” pungkasnya. (bbb/yaz)