Usung Anis Bakal Ngefek ke Nasdem, Kang Saan: Ini Hasil Survei

Nasdem

POJOKJABAR.COM, BANDUNG – Deklarasi secara terbuka Partai NasDem yang memberikan dukungan kepada Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden 2024, berbuah manis di Jawa Barat. Ketua DPW Partai NasDem Jabar Saan Mustopa makin optimistis partainya akan mendapatkan tambahan suara signifikan, makin meroket, dengan putusan tersebut.
 
“Buktinya, di data survei yang ada di kita. Mayoritas pemilih Jabar mendukung keputusan kita untuk mengusung Anies Baswedan. Itu artinya akan memberikan efek yang kuat untuk NasDem juga,” ujarnya kepada wartawan di Bandung, kemaren.
 
Dari data survei Indikator Politik Indonesia, sekitar 46% pemilih yang mengetahui NasDem telah mengumumkan Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan diusung pada Pemilu 2024 mendatang, mayoritas mendukung kebijakan NasDem tersebut. Informasi bahwa NasDem mengusung Anies sebagai calon presiden juga berdampak positif pada dukungan publik terhadap NasDem.
 
“Anies itu memikat dan pasti punya pikatan yang sulit ditolak pemilih,” tambah Kang Saan, panggilan akrabnya.
 
Data survei Indikator juga mengungkap temuan lain yang menarik. NasDem di Jabar menunjukkan kenaikan berarti di saat partai lain stagnan dan bahkan turun. Pada survei Desember 2022 khusus pemilih di Jabar, elektabilitas partai besutan Surya Paloh itu sudah mencapai angka 5,5% — melejit dibandingkan Oktober 2021 dimana posisi NasDem dalam simulasi pertanyaan semi terbuka hanya 2,1%.
 
“Di pertanyaan dengan simulasi surat suara, Nasdem naik dari 2,6% pada Oktober 2021 menjadi 6,2% pada Desember 2022 lalu,” ujar Peneliti Senior Indikator, Hendro Prasetyo saat memaparkan temuan survei tersebut di hadapan pengurus dan kader NasDem di Bandung, baru-baru ini.
 
Sumbangan kenaikan suara NasDem terlihat antara lain di Jabar I (Bandung-Cimahi), Jabar III (Cianjur-Bogor), Jabar IV (Sukabumi), Jabar VII (Bekasi-Karawang-Purwakarta), Jabar IX (Majalengka-Subang-Sumedang).
 
Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi di kesempatan terpisah juga menyebutkan, elektabilitas Partai NasDem secara nasional terus menggeliat naik sejak pertengahan tahun 2022, sekitar bulan Agustus 2022. Terbukti dari hasil survei Indikator periode 1-6 Desember 2022 yang dipublikasi Rabu (4/12023) lalu melalui daring.
 
“NasDem tampak salah satu partai yang konsisten menguat sejak Agustus 2022,” ungkap Burhanuddin. Secara nasional elektabilitas Partai NasDem sudah mencapai 5,1 persen.
                                     
Kang Saan mengungkapkan apresiasi atas capaian tersebut. “Menggembirakan, tapi saya tetap meminta pengurus dan kader di Jabar terus bekerja keras, karena kerja kita selama ini menunjukkan hasil yang positif,” tegasnya.(zag)