Caleg PKS Kabupaten Cirebon Beberkan Langkah Atasi Kasus Kotak Suara Kardus Rusak

Harismanjaya./Foto: Instagram

Harismanjaya./Foto: Instagram

POJOKJABAR.com, CIREBON– Rusaknya ratusan kotak suara kardus KPU Kabupaten Cirebon menaruh perhatian salah satu calon legislatif (Caleg) Kabupaten Cirebon dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bernama Harisman.

Menurutnya, kejadian tersebut yang disebabkan hujan deras tidaklah bisa diprediksi.

“Satu hal yang memang tidak bisa kita prediksi adalah faktor hujan deras yang terjadi beberapa hari yang lalu,” ungkap peserta Pileg 2019 kepada Pojokjabar.com, Minggu (10/2/2019).

Namun, lanjutnya, pihak KPUD sebaiknya meminta penggantian kotak suara yang terindikasi rusak kepada KPU Pusat.

“Serta memfasilitasi tempat yang lebih baik, guna mencegah kejadian ini tidak terulang kembali,” tandasnya singkat.

Sebelumnya diberitakan, Bawaslu Jawa Barat akan mengawasi penyimpanan kotak suara kardus KPU Kabupaten Cirebon dikarenakan 696 telah rusak terkena air hujan saat disimpan KPU.

“Kami akan melakukan pengawasan kotak suara tersebut, dan diharapkan nanti KPU Kabupaten Cirebon penyimpanan kotak suara di bawahnya dikasih alas atau Palet,” terang Kepala Divisi Pengawasan Bawaslu Jawa Barat Zaki Hilmi, Minggu (10/2/2019).

Zaki pun menjelaskan, saat ini kotak suara kardus yang rusak kena air hujan masih belum dihitung secara keseluruhan, sebab masih sulit tertumpuk oleh kotak suara kardus lain yang masih utuh.

“Dimungkinkan lebih dari itu, karena itu yang baru dihitung,” jelasnya.

Mengomentari mengenai cara penyimpanan, Zaki mengungkapkan ada yang kurang beres mengenai Standar Operasi Prosedur (SOP) dilakukan oleh KPU Kabupaten Cirebon.

“Contoh misalnya pemberian alas Palet di bawah untuk penyimpanan kotak suara. Di Cirebon ini tidak ada sedangkan dibeberapa kota dan kabupaten lainnya ada. Ini menjadi catatan kita terkait SOP,” ujar Zaki.

Ia pun menambahkan, saat selesai jumlah keseluruhan yang rusak dihitung, pihaknya akan menggantinya dan diharapkan tidak terjadi lagi karena saat ini musimnya sedang hujan.

“Dari awal memang mestinya sudah diperhitungkan bagaimana kondisi gudang terutama di tengah situasi hujan. Memang ini di Cirebon, lebih penting untuk diberikan alas di bawahnya untuk kotak suara berupa Palet,” pungkasnya.

(mar/alw/pojokjabar)

loading...

Feeds