KPU Kota Depok Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pilgub Jabar 2018

LIPAT: Sekitar 116 petugas sortir lipat sedang melipat surat suara Pilgub Jabar 2018 di Gudang KPU Kota Depok, Jalan Agus Salim Kp. Sidamukti RT04/21 Kelurahan Sukamaju, Cilodong, Senin (4/6).Ricky/Radar Depok

LIPAT: Sekitar 116 petugas sortir lipat sedang melipat surat suara Pilgub Jabar 2018 di Gudang KPU Kota Depok, Jalan Agus Salim Kp. Sidamukti RT04/21 Kelurahan Sukamaju, Cilodong, Senin (4/6).Ricky/Radar Depok

Cari Aman

POJOKJABAR.com, DEPOK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok mulai menyortir dan melipat surat suara yang akan digunakan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018, di Gudang KPU Kota Depok, Jalan Agus Salim Kp. Sidamukti RT04/RW21 Kelurahan Sukamaju, Cilodong, senin (4/6).

Tahapan tersebut, ditargetkan rampung tiga hari sejak awal pelaksanaan. Sesuai jadwal, sortir lipat dimulai pukul 09.00 wib, dan dibuka langsung oleh Ketua KPU Kota Depok, Titik Nurhayati, didampingi Kabag Ops Polresta Depok, Kompol Hari Agung Julianto dan perwakilan Panwaslu Kota Depok, Luthfi.

Titik mengaku sangat mengapresiasi kepada ppara pekerja sortir lipat, yang sudah bersedia ikut ambil bagian dalam kegiatan sortir lipat sebagai pengabdian pada negara.

“Kami berharap para pekerja sortir lipat dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan bertanggung jawab,” ucap Titik.

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Depok, Kompol Agung mengatakan, petugas untuk bekerja dengan teliti, jangan sampai para petugas melakukan hal-hal yang melanggar tata tertib yang telah dibuat oleh KPU Depok.

“Karena kalau hal itu terjadi akan merugikan kita semua dan kami akan menindak tegas,” kata Agung. Sebelum dilakukan penyortiran dan pelipatan, dilakukan penjelasan dan pengarahan oleh Ketua Divisi Umum, Keuangan dan Logistik KPU Kota Depok, Nana Shobarna terkait tata tertib dan kriteria surat suara yang rusak.

“Kami sampaikan mengenai tata tertib mereka selama menjadi petugas sortir lipat, kami sampaikan kategori surat suara rusak seperti apa, kemudian kami simulasikan tata cara pelipatannya seperti apa,” kata Nana.

Menurutnya ada tiga hal yang dilakukan oleh petugas sortir lipat yaitu menyortir (Melihat tidak ada surat suara yang rusak atau tidak), melipat dan mengikat surat suara per 25 lembar untuk diikat menjadi satu. Setelah itu, mereka setor ke pengawas.

“Dalam bekerja sebagai pekerja sortir lipat ini akan mendapat upah Rp125 per lembar,” terang Nana. Sejauh ini, sambung Nana, pihaknya belum menemukan surat suara yang rusak. Namun, ketika mendapati surat suara yang rusak, nanti akan dipisahkan dan dilaporkan kepada petugas dan dilanjutkan dengan membuat berita acara ke provinsi untuk penggantian.

“Walaupun selembar, itu nanti akan diganti dan dibuatkan berita acara. Pokoknya kami 1.186.000 lembar itu harus sesuai, karena itulah yang akan disebar ke 3.302 TPS se-Depok,” ucapnya.

Saat ini, petugas hanya melaksanakan sortir lipat saja, di mana selama tiga hari ini mampu melipat 593 dus, dimana tiap dus berisi sejumlah 2.000 surat suara.

Dengan total 1.186.000 surat suara, terdiri dari 1.155.477 jumlah DPT dan sudah termasuk surat suara cadangan 2,5 persen, berjumlah 30.523.

(RD/cky/pojokjabar)


loading...

Feeds

Kajol Ajay

Nomor WA Kajol Disebar Sang Suami

AKTOR Ajay Devgn dilarang masuk ke rumah oleh istrinya sendiri, aktris, Kajol. Hal tersebut terjadi setelah Ajay mengusili istrinya tersebut …
politik-uang

514 Daerah Rawan Politik Uang

BAWASLU mencatat ada 514 kabupaten/kota di Indonesia yang rawan praktik politik uang dalam Pemilu 2019. Catatan tersebut hasil Indeks Kerawanan …