30 Persen dari Jumlah DPT Kabupaten Bandung Adalah Kaum Milenial

ilustrasi

ilustrasi

Cari Aman

POJOKJABAR.com, KABUPATEN BANDUNG – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bandung mencatat 30 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 2.330.852 orang untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) 27 Juni mendatang merupakan para pemilih pemula atau kaum milenial.

Divisi Program dan Data KPU Kabupaten Bandung Asep Wanda mengatakan, jumlah pemilih pemula yang saat ini mencapai 30 persen atau sekitar 600.000 jiwa dari total DPT tentunya akan terus bertambah apalagi saat momen pemilu 2019.

“Khusus untuk gelaran Pilgub Jabar dari 2,3 juta pemilih di Kabupaten Bandung kami perkirakan sekitar 30 persennya itu merupakan pemilih pemula. Meski baru kami harapkan mereka bisa ikut berpartisipasi agar mengeluarkan suaranya, ” ujar Asep, kemarin.

Menurut Asep, bila melihat waktu pencoblosan yang tinggal satu bulan setengah pihaknya memprediksi jumlah pemilih pemula akan kembali bertambah. Lantaran tidak menutup kemungkinan ada warga yang genap usianya jelang gelaran pemilihan.

“Sehingga mereka punya hak untuk memilih hanya belum terdaftar saja dalam DPT yang telah diverifikasi pertengahan April lalu. Bagi mereka yang belum terima surat panggilan tapi punya hak suara bisa datang ke tps membawa identitas,” ungkapnya.

Namun, lanjut Asep, untuk waktunya sedikit berbeda dengan para pemilih lain. Bila pemilih pada umumnya bisa datang pagi hari, untuk warga yang belum mendapatkan surat panggilan khusus pada pukul 12.00 WIB atau siang hari mengeluarkan suaranya.

“Semua punya hak selama sesuai aturan. Kami melihat pertumbuhan pemilih pemula di Kabupaten Bandung cukup besar. Kami prediksi penambahannya akan kembali meningkat hingga 53.000 jiwa pada Pemilu di 2019 nanti, ” tandasnya.

(RBD/nie/pojokjabar)


loading...

Feeds

Libur Lebaran, TPS Liar Mulai Bermunculan di Bekasi

Pemkot Bekasi Tutup 88 TPS Liar

Sejak 2014, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi telah menutup 88 Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar dari 120 yang tersebar secara …