KPU Sukabumi Catat Sejumlah Ini Data Penyandang Disabilitas

Ilustrasi

Ilustrasi

Cari Aman

POJOKJABAR.com, SUKABUMI– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi mencatat sebanyak  2.962 penyandang disabilitas di Kabupaten Sukabumi. Jumlah tersebut terbagi ke dalam berbagai kategori dan tersebar di 47 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Jelang Pengundian Nomor Paslon, Ketua KPU Sukabumi: Kami Batasi Kuota

Berdasarkan data yang dihimpun, sebanyak 1.448 penyandang disabilitas laki-laki. Selain itu terdapat 1.514 penyandang disabilitas perempuan.Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi Ayi Safrudin mengatakan, jumlah penyandang disabilitas tersebut telah tedata di daftar pemilih tetap (DPT). Sehingga mereka memiliki kesempatan yamg sama untuk memilih.

“Semuanya telah tercatat di DPT Kabupaten Sukabumi,” ujarnya, Kamis (17/6).
KPU Kota Sukabumi Siapkan Fasilitas Khusus bagi Kaum Disabilitas

Hasil pendataan sendiri, penyandamg disabilitas terbanyak berada di Kecamatan Nagrak. Hal itu mencapai 141 orang. Jumlah tersebut terbagi menjadi 69 laki-laki dan 72 perempuan.

“Kecamatan Surade, Purabaya, Cikidang, Cisaat, dan Cikembar pun terdapat penyandang disabilitas dengan jumlah yang relatif banyak. Jumlahnya di atas 100 orang di setiap kecamatan,” ucapnya.

Menurutnya, pendataan disabilitas ini tidak hanya untuk memberikan hak memilih. Akan tetapi,sebagai penujang dalam memetakan lokasi TPS ramah disabilitas. Sehingga bisa mempermudah akses menuju lokasi TPS.

 KPU Kota Sukabumi Pelototi Dana Kampanye Paslon

“Mereka (penyandang disabilitas) bukan ingin diistimewakan. Tetapi, ingin diberikan akses ke lokasi TPS. Seperti halnya bisa menggunakan kursi roda, dan braille bagi tuna netra,” ungkapnya.

Selain itu, pendataan tersebut bisa meminimalkan pengeluaran dalam pengadaan alat bantu disabilitas. Sehingga, tidak seperti dahulu yang disediakan di seluruh TPS.

” Ini bisa meringankan anggaran. Sebab, alat-alatnya bisa disesuaikan untuk apa dan siapa,” pungkasnya.
Jelang Pleno DPHP, KPU Kotas Sukabumi Matangkan Kinerja PPS dan PPK
(bon/rmol/pojokjabar)

loading...

Feeds

BI akan gelar CEF akhir pekan

BI Akan Gelar CEF Akhir Pekan Nanti

POJOKJABAR.com, CIREBON – Bank Indonesia BI akan mengadakan Ciayumajakuning Entrepreneur Festival (CEF), yang dimulai pada tanggal 20-21 Oktober 2018, di …