Ternyata Inilah Hasrat Terpendam Sang ‘Tsubasa’

 Shohei Matsunaga

Shohei Matsunaga

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Enam tahun berkarir sebagai seorang pesepakbola profesional di Indonesia bukan lah hal yang mudah bagi Shohei Matsunaga. Pemain asal Jepang ini harus ektra keras beradaptasi dengan kultur sepakbola Indonesia.

Datang ke Indonesia, Persib menjadi pelabuhan pertamanya. Hanya satu tahun ia membela Maung Bandung yang kala itu diasuh pelatih Daniel Rukito.

Tahun selanjutnya, mantan pemain Schalkee 04 II ini menyebrang ke tim Persib Balikpapan. Di tim Beruang Madu itu pun tidak lama, dia hanya satu tahun.

Setelah Persiba Balikpapan, tim selanjutnya yang menjadi persinggahannya adalah Gresik United. Kurang lebih tiga tahun, dirinya membela tim Laskar Joko Tingkir.

Dirasakan cukup bermain untuk tim Gresik, Shohei pun kembali kepelukan tim Persiba Balikpapan pada tahun 2016. Bersama pelatih Jaino Matos, Shohei mampu tampil gemilang. Penampilannya tersebut cukup membuat Persib tertarik untuk menggunakan jasanya.

Dan pada awal Januari, Shohei pun kembali pada tim Persib, tim yang pertama kalinya dibela saat berada di Indonesia.

Malang melintang diberbagai tim Indonesia membuat Shohei semakin akrab dengan kultur sepakbola Indonesia. Kuncinya, kata Matsunaga adalah hanya dengan fokus.

“Kunci saya bertahan di Indinesia ya fokus. Dalam setiap tim yang saya bela, saya tidak memikirkan yang lain, selain fokus pada pertandingan dan latihan,” kata Shohei saat ditemui di Mess Persib, Jumat (13/1/2017).

loading...

Feeds