Kuasai Laga, Persib Malah Takluk dari Arema

Persib Bandung
Persib Bandung
Persib Bandung

POJOKJABAR.id, BANDUNG-Persib Bandung harus mengakui kekuatan Arema Cronus. Club berjuluk Singo Edan itu berhasil melengkapi perayaan ulang tahunnya yang ke-28 dengan meriah setelah mengalahkan Persib dalam laga uji coba di Kanjuruhan Malang, Selasa (11/8/2015) dengan skor tipis 1-0.

Arema berhasil membobol jala Persib di menit ke-3, dengan sekali penyerangan pertahanan Persib diracau oleh gol Samsul Arif setelah menerima bola crossing Arif Suyono. I Made Wirawan tak mampu menahan tendangan keras Samsul yang meluncur deras ke jaring gawang, 1-0 Persib tertinggal. Selepas gol tercipta, Persib bisa kuasai jalannya laga, beberapa peluang mampu diciptakan oleh tim arahan Jajang Nurjaman ini.

Masuk di babak kedua dengan motivasi menyamakan kedudukan. Namun Arema pun tak mau dipermalukan di hari ulang tahunnya. Peluang pertama lahir lewat kaki M. Ridwan, umpan tusukan Supardi membuka peluang Ridwan menusuk ke kotak penalty, sayang tendangan pemain 35 tahun itu tidak mengarah ke gawang. Gelombang serangan masih konsisten dilakukan Firman Utina cs. Hariono hampir mencetak gol pertamanya untuk Persib andai tendangan setengah volinya di luar kotak penalty tidak digagalkan I Made Wardana.

Pertengahan babak kedua Persib mengganti Firman Utina dengan pemain anyar Zulham Zamrun. Masuknya Zulham menambah daya gedor Persib, shooting jarak jauh Supardi menit 65 membuat berjibaku I Made Wardana menepis bola. Selang beberapa menit, Zulham lakukan tembakan spekulasi yang tidak terarah. Tak juga membuat gol pelatih Jajang Nurjaman memasukkan Tantan dan Taufiq mengganti M. Ridwan dan Atep. Kubu Arema Bustomi mengalami cedera hingga digantikan Sunarto.


Maung Bandung tampak terus bermain dominan, Singo Edan hanya mengandalkan serangan balik. Pertahanan Arema pun terlihat kokoh sehingga Maung Bandung kesulitan memasuki kotak penalty lawan. Jufriyanto lakukan tendangan percobaan menit 78 namun tembakannya tak terukur. Persib mendapatkan peluang emas menit 82, tinggal berhadapan dengan kiper Zulham tak mampu menyelesaikan peluang. Tendangan pemain yang mengenakan nomor punggung 54 itu lemah dan dapat dengan mudah diantisipasi I Made Wardana.

Selang dari peluang tersebut Arema melakukan serangan balik, beruntung tendangan keras Sunarto dapat ditangkap dengan baik oleh I Made Wirawan. Tak sampai disitu, menjelang akhir pertandingan Persib masih berusaha mencari gol, kembali Zulham lakukan shoot yang masih di blok barisan pertahanan Singo Edan. Arema membalas menit 87 lewat Sunarto, melancarkan tembakan geledek menerpa tiang gawang Persib.

Hingga peluit panjang wasit dibunyikan skor 1-0 untuk keunggulan Arema bertahan. Meski dominan kuasai laga, Persib tak mampu menyamakan kedudukan. Kado baik untuk kubu Arema dan suporternya Aremania, Selamat.(dep)