Fokus Subang Jawara, Polres Subang Bersinergi dengan Pemda

Kapolres Subang AKBP Sumarni. zag

POJOKJABAR.com, SUBANG – Polres Subang selalu bersinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Subang dan stakeholder terkait dalam rangka mendukung Kabupaten Subang meraih Subang Jawara.


Hal tersebut disampaikan Kapolres Subang AKBP Sumarni di sela-sela memeriahkan acara Hari Jadi Ke-75 Kabupaten Subang di Kabupaten Subang, pada 5 April 2023.

Menurut AKBP Sumarni, untuk mewujudkan Subang Jaya Istimewa dan Sejahtera (Jawara) tidak hanya tanggunjawab Pemda Subang tapi memperlukan peran serta berbagai pihak termasuk Polres Subang.

“Makanya, siap berkolaborasi dengan Pemda Subang dan stakeholder terkait mendukung Kabupaten Subang meraih Subang Jawara,” ucap AKBP Sumarni.


Polres Subang, lanjutnya, sudah berupaya bantu Pemda Subang dalam mewujudkan Subang Jawara. Mulai dari menginisiasi bedah rutilahu, pemberian sembako bagi warga miskin dan bantu warga miskin yang sakit.

Selain itu, tambah mantan penyidik KPK tersebut, memberikan pelatihan ekonomi kreatif dan pembinaan UMKM kaum milenial, termasuk bazar UMKM yang menampilkan produk kaum milenal.

Tak hanya itu, Polres Subang melakukan ceramah keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) terhadap milenial dan masyarakat, dari perkotaan hingga daerah terpencil di Kabupaten Subang.

Milenial dan masyarakat diingatkan untuk patuh hukum dan aturan lalu lintas, pakai helm saat naik sepeda motor, tidak konsumsi dan edarkan narkotika, minuman keras (miras) dan sediaan farmasi ilegal.

Selain itu, tambahnya, mereka diingatkan untuk tidak menjual dan menyalakan petasan, tidak pakai knalpot racing atau brong karena dapat mengganggu kenyamanan masyarakat saat Ramadhan.

“Hal ini sepenuhnya demi keamanan dan kenyamanan seluruh warga terutama yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Alhamdulillah sampai hari ke-14 puasa Ramadhan, kita jarang mendengar bunyi petasan,” ucap AKBP Sumarni.

Selain ceramah kamtibmas, lanjut AKBP Sumarni, Polres Subang pun memberikan motivasi kepada milenial agar belajar yang rajin dan menggunakan waktu untuk hal-hal yang positif agar meraih masa depan cerah.

Tak lupa, AKBP Sumarni mengingatkan Kabupaten Subang saat ini berkembang pesat menjadi sentra industri ditambah adanya Pelabuhan Patimban agar tidak melupakan bidang pertaniannya.

“Karena Kabupaten Subang sampai dengan saat ini masih menduduki urutan 3 besar sebagai kabupaten penghasil beras di Indonesia,” ucap mantan Kapolres Sukabumi Kota, tersebut.

AKBP Sumarni mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga nama baik dan kondusivitas Kabupaten Subang sehingga kemajuan yang diraih dirasakan manfaatnya untuk masyarakat Kabupaten Subang.

“Semoga yang kami lakukan selama ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kami mendoakan Kabupaten Subang bisa meraih Subang Jawara. Dirgahayu ke-75 Kabupaten Subang, Subang Jawara,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memuji kerja keras kepolisian dan TNI, sehingga Jawa barat bisa melalui masa-masa Covid 19, terbukti Kapolda Jabar meraih penghargaan dari presiden RI atas pelaksanaan PPKM terbaik.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepolisian dan TNI menjaga kondusivitas Kabupaten Subang khususnya, dan umumnya di Jawa Barat, serta terlibat aktif dalam pelaksanaan penanganan pandemi Covid-19,” pungkasnya.

(zag/pojokjabar)