Dr. Anggy Tak Jemu Mencari Ilmu

Dr. Anggy Giri Prawiyogi, M.Pd.
Dr. Anggy Giri Prawiyogi, M.Pd.

POJOKJABAR.com, KARAWANG – Dosen PGSD UBP Karawang telah menempuh Program Magister Seni di Sekolah Pascasarjana di ISBI Bandung Kamis 03 November 2022, di Gedung Guriang 1 Pascasarjana ISBI Bandung yakni Dr. Anggy Giri Prawiyogi, M.Pd.,M.Sn.


Dr. Anggy mengungkapkan bahwa petikan lagu EL-Suraya yang populer di tahun 1980-an, “Belajar di waktu muda bagaikan mengukir batu di atas dan belajar di waktu tua bagaikan melukis di atas air” merupakan motivasi untuk anak muda agar lebih giat belajar dan menuntut ilmu.

Ia juga menyampaikan dunia pendidikan sudah lama mendengungkan istilah long life education (pendidikan seumur hidup).

Demikian juga pengakuan negara seperti tertuang dalam UU Nomor 2 Tahun 1989 tentang penegasan pendidikan seumur hidup yang dikemukakan dalam pasal 10 ayat 1.


“Padahal, sebenarnya Islam sendiri telah terlebih dahulu mengemukakan istilah ini. Betapa banyak kisah-kisah yang memberi teladan bahwa menuntut ilmu tak kenal batas usia,” ujarnya

Selain itu, Dr. Anggy juga mengatakan dunia sains abad modern sudah membuktikan, otak manusia masih bisa dipakai dalam waktu ratusan bahkan ribuan tahun.

“Manusia hanya memakai 10 persen dari otaknya. Ini membuktikan, kapasitas dan daya tampung otak manusia tak pernah penuh. Ia akan bisa dipakai untuk belajar oleh orang yang sudah tua renta berusia ratusan tahun,” pungkasnya. (Yusup/Pojokjabar)