Proyek Drainase di Desa Sukaratu Kecamatan Cilebar Amburadul

Proyek Drainase di Desa Sukaratu
Proyek Drainase di Desa Sukaratu. (A Yusup Tohiri/Pojokkarawang)

POJOKJABAR.com, KARAWANG – Proyek saluran air di Dusun Rawaraden, Desa Sukaratu, Kecamatan Cilebar, Kabupaten Karawang, amburadul.


Pantauan di lokasi, pemasangan U-Ditch diduga tidak sesuai dengan spesifikasi dan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Terlihat bahwa pemasangan U-Ditch tidak menggunakan urugan pasir sebagai alas bawah.

U-Ditch adalah saluran dari beton bertulang dengan bentuk penampang huruf U dan juga bisa diberi tutup. Umumnya digunakan untuk saluran drainase atau irigasi.


Rohmat selaku mandor pekerjaan saat dikonfirmasi awak media di lokasi mengatakan dirinya tidak mengetahui bahwa pemasangan U-Ditch mekanismenya seperti apa.

“Saya mah cuma pekerja aja, disuruh sama pak bos, jadi untuk menggunakan pasir urug atau tidaknya saya tidak tahu mekanismenya gimana dan saya juga tidak mengetahui lebih jauh RABnya seperti apa,” ucapnya, Selasa (21/6/2022).

Sementara itu, menurut aparatur desa setempat yang enggan menyebutkan namanya, dirinya menyayangkan ketika pekerjaan pembangunan pemasangan U-Ditch tidak sesuai dengan spesifikasi dan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

“Kami sebagai aparat desa tentunya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten karawang yang sudah merealisasi pengajuan kami, tapi kami menyayangkan ketika pekerjaan pemasangan U-ditch itu tidak sesuai dan asal jadi saja mah, kami ingin pembangunan yang kualitasnya bagus, kalau bagus mah kan tidak mudah rusak gitu,” pungkasnya.

Diketahui, proyek pembangunan u-ditch ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Karawang Tahun 2022 yang dikerjakan oleh CV. TYAMA LOGIE dengan Volume Panjang = 240,00 M’ dan Tinggi = 30×30 cm, dengan Nilai Kontrak Rp. 189.917.200.,00. (AYT/Pojokjabar)