Vaksin Covid-19 Bakal Datang dari Bandung ke Indramayu, Catat Waktunya

Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, dr Wawan Ridwan./Foto: Istimwwa

Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, dr Wawan Ridwan./Foto: Istimwwa


POJOKJABAR.com, INDRAMAYU– Vaksin Covid-19 akan tiba di Kabupaten Indramayu pada hari Rabu (27/1/2021) mendatang. Vaksin Sinovac akan didistribusikan ke Kabupaten Indramayu sebanyak 9.200 vial (botol kecil, red).

Informasi yang berhasil dihimpun Pojokjabar.com, jatah vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Indramayu dikirim bersamaan untuk jatah Kabupaten dan Kota Cirebon. Vaksin tersebut akan berangkat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar di Bandung dengan pengawalan ketat aparat.

Juru bicara program vaksinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, dr Wawan Ridwan mengungkapkan, bahwa distribusi vaksin di Indramayu, berlangsung tanggal 28 sampai 3 Januari 2021.

“Distribusi ke puskesmas dan faskes mampu vaksin dimulai 28 Januari. Jadwalnya selama 2 hari sampai 30 Januari,” jelasnya, Senin (25/1).

Untuk Indramayu sendiri, rencananya tahap pertama akan memperoleh 9.200 vial vaksin Sinovac.

Sedangkan pelaksanaan vaksinasi, rencananya akan dimulai Februari 2021 mendatang.

Satgas Covid-19 sudah melakukan persiapan. Termasuk penyediaan infrastruktur, fasilitas serta sumber daya manusia (SDM) untuk vaksinasi.

Tahap pertama, vaksinasi akan diberikan kepada 4.837 warga yang telah teregistrasi sebagai penerima vaksin.

“Sebagian besar tenaga kesehatan. Kita juga masih mengusulkan tenaga kesehatan lainnya yang belum teregistrasi agar ikut memperoleh vaksin,” tuturnya.

Untuk penyediaan fasilitas kesehatan, telah disiapkan cold chain. Meliputi petugas terlatih untuk vaksinasi, vaccine freezer, vaccine carrier dengan standar operasional prosedurnya.

“Kita siapkan 12 vaccine carrier untuk faskes mampu aksin selain Puskesmas, seperti 10 rumah sakit dan 2 klinik kesehatan,” ujar Wawan.

Sesuai rencana, nantinya setelah vaksin diterima dari Bio Farma, tim medis dari Dinas Kesehatan baru mendistribusikan ke puskesmas dan faskes lainnya.

(arf/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds