Bawaslu Karawang Fokus Awasi Penerapan Prokes Saat Sortir dan Lipat Surat Suara

Komisioner Bawaslu Karawang, Suryana Hadi Wijaya./Foto: Istimewa

Komisioner Bawaslu Karawang, Suryana Hadi Wijaya./Foto: Istimewa


POJOKKARAWANG.com– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karawang melakukan pengawasan penyortiran dan pelipatan surat suara yang akan digunakan untuk Pemungutan Suara pada Rabu 9 Desember mendatang di GOR Panatayudha.

Bawaslu dalam pengawasannya menemukan sebanyak 24 surat suara yang dilipat itu sudah dalam keadaan rusak dan harus ada penggantian.

“Pengawasan terhadap tahapan yang dilaksanakan oleh KPU Karawang sesuai dengan PKPU nomor 5 tahun 2020. Agar pelipatan dan dan penyortiran sesuai aturan,” ujar Komisioner Bawaslu Karawang, Suryana Hadi Wijaya, Minggu (22/11)

Dikatakan, terkait sortir dan pengepakan surat suara, terdapat beberapa hal yang menjadi fokus pengawasan bawaslu, salah satunya apakah pelaksanaan sortir surat suara sudah sesuai dengan prosedur dan ketentuan atau belum.

“Yang kita perhatikan juga adalah keamanan surat suara dan penyimpanannya, terus perihal ketepatan jumlahnya juga kita awasi,” katanya.

Dijelaskan, pihaknya sudah melakukan pengawasan dari hari Kamis (19/11) sampai saat ini.

“Kami juga mengawasi bagaimana ketepatan waktu dalam proses sortir yang ditentukan oleh KPU. Yang paling penting karena ini di masa pandemi, obyek pengawasan kami yaitu diterapkannya protokol kesehatan (prokes, red)  pencegahan penyebaran Covid-19 pada saat proses sortir dan lipat surat suara,” jelasnya.

Ia menambahkan, pengawasan terhadap penyortiran dan pelipatan surat suara ini bertujuan untuk memastikan tidak terjadi kesalahan pelipatan surat suara oleh KPU Kabupaten Karawang. Sebab, hal tersebut bisa berakibat pada tidak sahnya surat suara pemilih karena mengalami kerusakan.

“Kita menempatkan 3 orang dari Bawaslu dibantu oleh Panwascam terdekat dalam melakukan proses pengawasan sortir dan pelipatan surat suara ini,” katanya

Sementara itu, Komisioner KPU Karawang, Kasum Sanjaya mengatakan, pihaknya melakukan proses pelipatan surat suara sejak hari Kamis tanggal 19 November sampai saat ini. Untuk pekerja lipat saat ini sebanyak 45 orang dan sudah melakukan pelipatan sebanyak 532000 dari 266 dus surat suara yang dibuka dan itu merupakan laporan pukul 10 tadi siang.

“Jumlah pelipatan masih berlangsung sampai pukul 12 malam sebab kita targetkan selesai cepat,” katanya.

(ega/mar/pojokkarawang)

Loading...

loading...

Feeds