BMKG Bangun dan Instal Seismograf di Subang, Ini Tujuannya

BMKG

BMKG


POJOKJABAR.com, SUBANG– Deputi Bidang Geofisika BMKG Dr. Muhamad Sadly, bersama dengan Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi melakukan peresmian beroperasinya sensor seismograf yang berlokasi di Desa Cijengkol, Kecamatan Serangpanjang, Subang, Jawa Barat.

Peresmian ini menandai mulai dioperasionalkannya sensor seismograf pada jaringan mini regional di Jawa Barat untuk monitoring sesar aktif.

Sadly menjelaskan untuk wilayah Jawa Barat, pada tahun 2020 BMKG hanya membangun 1 seismograf, yaitu di Serangpanjang Subang, namun demikian pada tahun 2019 kita sudah membangun 22 sensor seismograf di Jawa Barat, salahsatunya berada di wilayah Kabupaten Subang juga, yaitu di Kecamatan Tanjungsiang. Sementara itu sebelum tahun 2019 BMKG juga sudah membangun 8 sensor seismograf di Jawa Barat. Sehingga total sampai hari ini, BMKG sudah membangun sebanyak 31 sensor seismograf di Provinsi Jawa Barat.

Pada acara peresmian ini dilakukan live streaming dengan BMKG Pusat langsung dari ruang operasional Pusat Gempa Nasional BMKG guna memastikan data seismograf dengan Kode Stasiun SPSJM di Subang ini telah masuk dengan baik dalam sistem operasional InaTEWS di BMKG Pusat Jakarta.

“Keberadaan sensor seismograf di Jawa Barat sangat penting karena wilayah Jawa Barat merupakan salahsatu wilayah yang sangat aktif gempabumi di Indonesia,” terang Sadly, Kamis (19/11).

Sadly menuturkan di Jawa barat terdapat beberapa struktur sesar aktif, seperti Sesar Baribis, Sesar Lembang, Sesar Garsela, Sesar Cipamingkis, Sesar Cimandiri, Sesar Citarik, dan sesar mikro lainnya yang belum teridentifikasi dan terpetakan. Selain itu Jawa Barat juga memiliki ancaman sumber gempa potensial yaitu zona megathrust di Samudra Hindia.

Oleh karena itu, lanjut Sadly, mengawali lompatan inovasi operasional monitoring sesar aktif, BMKG memasang sensor gempa periode pendek di Kecamatan Serangpanjang, Subang, untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi informasi peringatan dini gempa lokal (local earthquake) akibat sesar aktif untuk masyarakat Jawa Barat.

“Ke depannya kami akan terus berusaha menambah sensor yang akan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, sehingga dengan semakin rapatnya jaringan sensor seismograf akan dapat meningkatkan akurasi dan ketepatan parameter gempabumi,” ujar Sadly.

Sadly mengimbau dengan terpasangnya seismograf di Subang ini diharapkan juga diimbangi dengan upaya mitigasi gempa lainnya seperti membangun bangunan tahan gempa oleh pemerintah daerah, memahami cara selamat saat menghadapi gempa dan perlunya latihan evakuasi saat gempabumi, sehingga membuat masyarakat makin sadar bencana dan tangguh terhadap bencana gempabumi.

Lebih lanjut Sadly menekankan agar masyarakat jangan mudah terpengaruh informasi berita bohong (hoax) berupa ramalan-ramalan akan terjadinya gempa yang sering disebarluaskan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, percayakan informasi gempa hanya dari BMKG, karena saat ini informasi gempabumi mudah dilihat secara langsung di aplikasi InfoBMKG dan WRS mobile BMKG, serta akun Instagram, Facebook dan Twitter resmi BMKG.

Peresmian beroperasinya sensor seismograf di Subang ini dihadiri dan disaksikan oleh Wakil Bupati Kabupaten Subang, Agus Masykur Rosyadi, S.Si. MM, Deputi Bidang Geofisika BMKG Dr. Ir. Muhamad Sadly, M.Eng., Kepala BPBD Subang, Camat Serangpanjang, Danramil Serangpanjang, Kapolsek Serangpanjang, Kepala Desa Cijengkol, Kepala Seksi ESDA, Kejaksaan Agung RI, Bapak Ahmad Yusak Suyudi, S.H.

“Terbangunnya shelter seismograf dan instalasinya tentu tidak lepas dari dukungan dari berbagai pihak, khususnya dari Pemerintah Kabupaten Subang yang telah mengizinkan penggunaan lahan untuk pembangunan shelter,” imbuh Sadly.

Sadly pun meminta kepada pemerintah daerah dan perangkat desa serta masyarakat agar ikut berperan aktif menjaga keamanan sensor yang telah dipasang, agar data dapat terus mengalir ke BMKG Jakarta, sehingga berkontribusi dalam memberikan informasi cepat jika terjadi gempabumi di wilayah Jawa Barat.

(arf/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds