Selain Luar Karawang, Berikut 3 Kecamatan Tertinggi Penyumbang HIV AIDS

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, KARAWANG– Data kasus HIV AIDS menunjukkan bahwa angka terkait kasus ini terbanyak dari wilayah luar Karawang, yakni sebanyak 28 kasus.

Sementara, untuk di Kabupaten Karawang sendiri, tertinggi ada di Kecamatan Karawang Barat dengan angka 14 kasus.

Kemudian, disusul Telukjambe Timur dengan angka 11. Lalu, posisi ketiga ada di Kecamatan Cikampek dengan raihan angka sebanyak 6 kasus.

Sebanyak 66 persen kasus ini didominasi kalangan usia 20-29 tahun.

Sebelumnya diberitakan, jumlah penderita penyakit mematikan HIV/AIDS di Kabupaten Karawang masih tergolong tinggi.

Terhitung, sampai Agustus 2019 tercatat ada sebanyak 132 orang penderita, turun dari tahun 2018, yakni 243 orang.

Dari data analisa epidemi HIV dan AIDS Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Karawang, pasangan gay atau homoseksual menjadi penyumbang terbanyak.

“Ketularan melalui hubungan sex sejenis (LSL) dan Heterosex,” ujar Staf KPA Karawang, Awan Gunawan, kepada Pojokjabar.com, Minggu (8/12/2019).

Pasangan sejenis dari sesama pria, kata Awan, paling rawan mengalami risiko HIV karena perilaku seksual menyimpang. Kondisi ini menurut Awan memang terjadi di daerah tersebut dengan berbagai latarbelakang.

“Demikian keadaannya,” ucap Awan.

Padahal, menurut Awan, penyakit tersebut tidak bisa disembuhkan hingga saat ini. Pemerintah daerah, kata Awan, hanya ikut membantu menyehatkan melalui layanan yang sudah disediakan oleh Dinas Kesehatan.

Parahnya lagi, dari data total sebanyak 78 homoseksual itu ditemukan fakta mengejutkan dimana ada dari kalangan siswa dan mahasiswa.

Mereka terdeteksi kena penyakit HIV setelah dilakukan pemeriksaan di Puskesmas kemudian dirujuk ks RSUD Karawang untuk dilakukan pengobatan.

Diketahui, seks menyimpang seperti berhubungan badan dengan cara seks anal sangat bahaya sebab menjadi celah virus HIV masuk ke tubuh. Hal itu karena tindakan seks mereka akan membuat kelamin maupun anus menjadi terluka.

(mar/ega/Pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds